ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 50 PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6798Keywords:
Kemampuan Membaca PermulaanAbstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 50 Prabumulih masih rendah, hal ini disebabkan karena rendahnya kemampuan membaca permulaan ini ialah siswa belum bisa membaca dengan lancar serta menghubungkan kata per kata menjadi sebuah kalimat. Hasil presentase kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA dalam indikator ketepatan menyuarakan tulisan sebesar 67,3% dengan jumlah skor 505 dari skor maksimal 750, indikator kewajaran lafal sebesar 53,6% dengan jumlah skor 268 dari skor maksimal 500, indikator kewajaran intonasi sebesar 57,6% dengan jumlah skor 288 dari skor maksimal 500, indikator kelancaran membaca sebesar 46,4% dengan jumlah skor 232 dari skor maksimal 500 dan indikator kejelasan suara sebesar 67,2% dengan jumlah skor 168 dari skor maksimal 250. Dari keseluruhan hasil kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas IA SD Negeri 50 Prabumulih dengan kategori baik sebesar 20% atau sebanyak 5 siswa, kategori cukup sebesar 30% atau sebanyak 6 siswa, dan kategori kurang sebesar 56% atau sebanyak 14 siswa. Berdasarkan indikator penilaian kemampuan membaca permulaan paling tinggi terlihat pada indikator ketepatan menyuarakan tulisan dan nilai paling rendah terlihat pada indikator kelancaran membaca. Kata Kunci: Kemampuan Membaca PermulaanDownloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.