PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 PURWOSARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28533Keywords:
Kata kunci: role playing, keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode role playing terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan desain posttest-only control group design yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang belajar dengan metode role playing dan kelompok kontrol yang menggunakan metode biasa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen sebesar 77,6, sedangkan kelas kontrol hanya 48,8. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki keterampilan berbicara yang baik dengan skor rata-rata 81,6 pada lima aspek, yaitu lafal, intonasi, kosakata, kelancaran, dan ekspresi. Uji Independent Samples t-Test menunjukkan tₕitung = 8,505 lebih besar dari tₜabel = 1,697 pada taraf signifikansi 5% dengan df = 30. Selain itu, nilai signifikan (sig) = 0,000 (< 0,05). Sehingga, H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, metode role playing berpengaruh secara signifikan dalam keterampilan berbicara siswa dan dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.Downloads
References
Afri Naldi, Reval Oktaviandry, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, vol, 2(2), 133–140.
https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938
Amelia, D. (2024). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tanah Datar: Intelektual Edu Media.
Aprilini, L. (2023). Implementasi Metode Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran SBDP SD Negeri 1 Gajah Mati. Palembang: Universitas PGRI Palembang. http://eprints.univpgripalembang.ac.id/1113/
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, vol, 4(2), 161-174.
https://doi.org/10.57171/jesi.v3i2
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol, 9(4), 411-422.https://doi.org/10.58230/27454312.56
Rahim, A., & Dwiprabowo, R. (2020). Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol, 1(2), 210-217.
https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.651
Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Yulianto, A., Sofiasyari, I., Farikhin, L., & Rogibah. (2023). Model-model Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Yunus, M. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.