PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 PURWOSARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28533Keywords:
Kata kunci: role playing, keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode role playing terhadap keterampilan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode true experimental dengan desain posttest-only control group design yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang belajar dengan metode role playing dan kelompok kontrol yang menggunakan metode biasa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen sebesar 77,6, sedangkan kelas kontrol hanya 48,8. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen memiliki keterampilan berbicara yang baik dengan skor rata-rata 81,6 pada lima aspek, yaitu lafal, intonasi, kosakata, kelancaran, dan ekspresi. Uji Independent Samples t-Test menunjukkan tₕitung = 8,505 lebih besar dari tₜabel = 1,697 pada taraf signifikansi 5% dengan df = 30. Selain itu, nilai signifikan (sig) = 0,000 (< 0,05). Sehingga, H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, metode role playing berpengaruh secara signifikan dalam keterampilan berbicara siswa dan dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Downloads
References
Afri Naldi, Reval Oktaviandry, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, vol, 2(2), 133–140.
https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2938
Amelia, D. (2024). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tanah Datar: Intelektual Edu Media.
Aprilini, L. (2023). Implementasi Metode Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran SBDP SD Negeri 1 Gajah Mati. Palembang: Universitas PGRI Palembang. http://eprints.univpgripalembang.ac.id/1113/
Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, vol, 4(2), 161-174.
https://doi.org/10.57171/jesi.v3i2
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol, 9(4), 411-422.https://doi.org/10.58230/27454312.56
Rahim, A., & Dwiprabowo, R. (2020). Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol, 1(2), 210-217.
https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.651
Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Yulianto, A., Sofiasyari, I., Farikhin, L., & Rogibah. (2023). Model-model Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.
Yunus, M. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















