PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KARAKTERISTIK SISWA DI SD NEGERI 100 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16404Keywords:
Media Sosial, Karakteristik Siswa, Analisis RegresiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap karakteristik siswa di SD Negeri 100 Palembang. Pendekatan kuantitatif melalui angket digunakan sebagai instrumen dalam pengambilan data. Sampel penelitian menggunakan 91 siswa kelas empat dan kelas lima di SD Negeri 100 Palembang. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dengan variabel independen (X) adalah pemanfaatan media sosial dan variabel dependen (Y) adalah karakteristik siswa. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi sebesar 5% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap karakteristik siswa di SD Negeri 100 Palembang. Hal ini diketahui dari uji hipotesis dimana nilai thitung =3,392 > t tabel =1,987 dan Pvalue (0,001) < (0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,114 yang menyatakan bahwa variabel pemanfaatan media sosial mempengaruhi karakteristik siswa sebesar 11,4%, sedangkan 88,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Persamaan regresi sederhana yang didapatkan pada penelitian ini adalah Y=82.792 + 0.211 X.Downloads
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Alwi, M. T. M., Ubaidah, N., & Basir, M. A. (2023). Pengaruh Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Audio Visual Berbantuan Aplikasi Kinemaster Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sultan Agung.
Asfuri, N. B., Inda, M., Rika, Y. A., Luncana, F. S., & Harbono. (2023). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakramat Karanganyar. Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 15–29.
Dewi, A. L. S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Anggra. Jurnal Primary, 3(2), 35–41.
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444.
Hajati, D. I., A, D. W., & Wahyun, N. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu , Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja Pegawai ( Studi pada Politeknik Kotabaru ). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 7(1), 1–10.
Kadir, M., Ningsih, D. A., Hasmiati, & Qadrianti, L. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Madrasah Ibtidiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 14–23.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur.
Muhammad, R., Patriana, Manja, Gustina, Desinta, A., & Waizah, N. (2022). Memahami Generasi Alpha. Eureka Media Aksara.
Natasyah, N., Putra, M. J., & Sunedi. (2023). Pengaruh Media Gambar Fotografi Materi Keberagaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Terhadap Hasil Belajar Siswa Di. Didaktik: Jurnal Ilniah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 281–289.
Ningsih, N. L. ., & Bariroh, A. M. (2022). Pendidikan Hati Menurut Para Ahli. Santifik: Jurnal Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 46–60.
Prabowo, A., Rizki S., S., E. P., & K., & Sari, I. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Social Media Dalam Menciptakan Personal Branding Bagi Para Tenaga Pendidik Era Society 5.0 Di Sekolah Pelangi Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 4(3).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347.
Putri, A., Akshan, F. M., Fathir, M. R., Putri, R. T., Damayanti, U., Salsabiila, Z., & Siddiq, R. (2024). Peran Pojoksatu.id dalam Menyebarkan Informasi (Studi Kasus: Media Sosial Tiktok, Instagram dan Facebook). KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 57–64.
Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World(Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV, 21–24.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyuni, D., Amelia, V., & Latiar, H. (2020). Perilaku pencarian informasi generasi z di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 21–33.
Zaenabiyah, N. (2020). Dampak Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Daarul Fikri. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.