PENGARUH APLIKASI YOUTUBE TERHADAP KREATIVITAS ANAK PADA PEMBELAJARAN SBDP DI SEKOLAH DASAR NEGERI 69 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9288Keywords:
Kreativitas, Aplikasi Youtube, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi YouTube terhadap Kreativitas anak pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Sekolah Dasar Negeri 69 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kuantitatif Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 69 Palembang dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat 18 orang siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu postest only control design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Aplikasi YouTube terhadap Kreativitas anak pada pembelajaran SBdP di Sekolah Dasar Negeri 69 Palembang. Rata-rata postest kelas kontrol adalah 58,88 dan nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 75,83. Kemudian thitung (6,909) > ttabel (2,101) dan nilai sig (0,00) < (a) 0,05 sesuai dengan pengujian hipotesis, yakni jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
References
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=wY8fEAAAQBAJ
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id135
Setiawan, Anissa, A., & Cuarni. (2023). Pengembangan Kreativitas Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Media Edukasi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Masaliqis Licensed under ACreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License, 3, 115–125.
Siswanto, Argi, E., yanti, nadia, D., & Dkk. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(c), 1707–1715.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R & D. Alfabeta Bandung.
Syafril, Z. (2017). Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.