PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 KELEKAR

Authors

  • Ayu Sari Universitas PGRI Palembang
  • Farhan Yadi Pendidikan Teknik Mesin, Fkip, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Aldora Pratama Pendidikan Teknik Mesin, Fkip, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9156

Keywords:

Media Pembelajaran Media Permainan, Monopoli. Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh media permainan monopoli terdahap peserta didik dengan pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuisi eksperimen dengan berbentuk Pre-Experimental Design One Group dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 5 Kelekar dan sampel terdiri dari 14 laki dan 10 perempuan. Tahap uji coba instrumen yang digunakan adalah menggunakan uji validasi, reabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis daya yang digunakan untuk menguji rata-rata yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil analisa hasil pretest sebesar 60,28 dan hasil posttest sebesar 73,43. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.Dari kemudian, hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t sebesar 4,497 > 1,711 sehingga thitung> ttabel Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengaN menggunakan media permainan monopoli pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 kelekar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adila, A. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran monokebu pada siswa sekolah dasar. Basicedu, 5077.

Agustiya, F. (2017). influence of ctl model by using monpoly game madia to the student motivation and science learning outcomes. journal of primary education, 2.

Arikunto, S. (2015). Prodesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.

Dahry, S., & Pratama, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Awal terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 108-116.

Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan sosial. Bandung: Alfabeta.

Gumiling, J. R. (2019). Pengarauh Penggunaan Media Pembelajaran Mononpoli Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kleas III Negeri 1 Gondang. Stkip Pgri Tulungagung, 30.

Islamiyah, T. (2017). Pengembangan media pembelajaran ips berbasis permainan monopoli. Jurnal pendidikan ilmu pengetahuan sosial, 38.

Istiqomah, N. A., Hera, T., & Yadi, F. (2023). Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 91 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3954-3963.

Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhapa Kemandirian dan Hasil Belajar Pada Pemeblajaran IPS. Lensa Pedas, 26.

Novrica, S., Hakim, L., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Berbasis Gambar Terhadap Penguasaan Materi IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1296-1301.

Peranti, Andika P, Eko R. (2019). Pengembangan media pembelajaran Mofin monopoli fiiska sains pada siswa SM kelas xx. Jurnal Kumparani Fisika, 43.

Sari, E. U., Hakim, L., & Pratama, A. (2023). Pengaruh Strategi Reading Aloud Melalui Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1644-1651.

Simanungkali, J. G., Yadi, F., & Mahendra, A. (2023). Pengaruh Permainan Target Terhadap Kemampuan Shooting di Club Sepakbola Remaja Bhayangkara Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 132-139.

Subroto, A. g. (2016). pemanfaatan media monopololi untu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ipa siswa kelas III SD. jurnal biologis dan pembelajaran, 2.

Suharsimi, A. (2016). Produser peneltian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rinaka Cipta.

Suharsimi, A. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan program. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Warisman, R. (2011). Skla pengukuran variabel-variabel peneliti. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-18

Most read articles by the same author(s)