ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Monica Wahyu Pertiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9321

Keywords:

Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Membaca, dan Membaca Permulaan.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai secara mendalam tentang faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca pemulaan di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan hasil pengolahan data. Teknik analisis data yang dilakukan dengan triangulasi. Data diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan orang tua siswa. Perwakilan 5 orang tua siswa dan satu guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa memiliki faktor pendukung. (2) Kurangnya pendampingan orang tua kepada siswa. (3) Kurangnya fasilitas penunjang dalam membaca siswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini guru dan orang tua memahami kesulitan yang dialami anak dan bagaimana cara melakukan penanganan terhadap kesulitan belajar membaca permulaan pada kelas 1 sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi, 5(2), 1128 – 1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645.

Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. AL-Athfaal, 2(2), 100 – 110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927.

Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468.

Inka Aprilia, U., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapu Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.492

Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods Sourcebook (3rd Edition). In SAGE Publikations, Inc. http://doi.org/10.1177/239700221402800402

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 1462–1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069.

Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267.

Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Ridho, U. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054.

Sumahi, R., Salim, M. R., & Ismali, J. (2021). Penerapan Metode SAS dapat Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaaan pada Siswa Kelas II SD GMIH Sopi Kecamatan Morotai Jaya Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 136–150. https://doi.org/10.5281/zenodo.5015102

Afrom, I. (2013). Studi Tentang Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Membaca. Anterior Jurnal, 13(1), 122–131 https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.298

Masykuri, 2019. Analisis kesulitan membaca membaca permulaan pada siswa kelas 1 MI pesantren pembangunan cibeunying kecamatan majenang kabupaten cilacap tahun ajaran 2017/2018.

Rizkiana, 2016. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD N bangunrejo 2Yogyakarta. (online). Diakses tanggal 7 September 2020.

Sadhono, 2012. Manfaat Memebaca, Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia, Bandung: Karya Putra Darmawati.

Sukirno, 2015. Jenis-jenis Membaca 2 bagian dalam membaca, Mekroekonomi Teori Pengantar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (online). diakses tanggal 09 februari 2021.

Tarigan, 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Kuntarto, 2013. Tujuan Telajaran Membaca Permulaan. Kota Jambi: Program Studi PGSD FKIP UNJA (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakults Keguruan an Ilmu Pendidikan, Universits Jambi). Dalam Jurnal Indonesia Language Education and Literature/ILE & Vol 3.No.1, 2013

Pratiwi, I. M. 2017. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar (online). Diakses tanggal 08 Februari 2021.

Saleh, A. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Downloads

Published

2023-08-04