ANALISIS MISKONSEPSI NILAI TEMPAT BILANGAN DUA ANGKA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yustri Mindaryani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Masduki Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11824

Keywords:

Kata Kunci: matematika, miskonsepsi, nilai tempat bilangan dua angka

Abstract

    Abstrak               Pembelajaran pada tingkat sekolah dasar memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pemahaman dasar siswa terutama pada pembelajaran matematika yang sering dianggap pembelajaran yang sulit. Sehingga, jika terdapat kesalahan dalam konsep, maka dapat menghambat proses berpikir siswa dalam mencermati suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya kesalahan dalam pemahaman konsep atau miskonsepsi materi nilai tempat bilangan dua angka. Pendekatan penelitian ini, merupakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat beberapa siswa mengalami kesalahan konsep. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 1 yang berjumlah 50 siswa. Beberapa siswa menganggap bahwa dua puluh delapan dilambangkan dengan 308. Siswa pun belum bisa menghitung lebih dari 30. Penjumlahan antara dua angka belum bisa dioperasikan dengan baik karena masih banyaknya miskonsepsi nilai tempat bilangan itu sendiri. Siswa menganggap bahwa angka puluhan, ditulis bersama dengan angka 0. Maka, subjek pada penelitian ini mengalami miskonsepsi dasar dalam materi nilai tempat bilangan khususnya dua angka.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat miskonsepsi yang terjadi pada nilai tempat bilangan dan media yang tepat untuk menangani miskonsepsi pada materi nilai tempat dua bilangan. Kata Kunci: matematika, miskonsepsi, nilai tempat bilangan dua angka         

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Amalia, N. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal ON MIPA matematika. Jurnal Pendidikan

Matematika Raflesia, 5(2), 54-64.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan

Matematika, 6(2), 225-233.

Dewi, M. S. A. (2022). Analisis miskonsepsi anak sekolah dasar dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2477-2482.

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Khalilah, S. A., Ardiana, N., & Elindra, R. (2022). Analisis pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs ArRaudlatul Hasanah Lumut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 132-139.

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi siswa kelas vb min buduran sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81.

Matitaputy, C. (2016). Miskonsepsi siswa dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113-119.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: Model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1732.

Sennen, E., Ndiung, S., & Supardi, K. (2016). Analisis kesalahan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit pada UASBN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(2), 253-268.

Thahir, M., & MZ, Z. A. (2019). Pemahaman konsep matematika melalui pendekatan reciprocal teaching pada siswa kelas X MAN Kuala Enok. Instructional

Development Journal, 2(1), 1-5.

Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting Relationships between Mathematics Anxiety, Mathematics Teaching Anxiety, Self-efficacy Beliefs towards Mathematics and Mathemat-ics Teaching. Internation

Downloads

Published

2023-12-31

Most read articles by the same author(s)