ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SEKOLAH DASAR

Authors

  • Monica Wahyu Pertiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko
  • Anik Ghufron

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9336

Keywords:

Keywords: Analysis, Implementation, Independent Curriculum.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui dan menelaah tentang "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Kartasura 02. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yangmelihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalamanpengalamannya. Pendekatan fenomenologi tersebut didasari dari adanya ketertarikan peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mengenai fenomena yang dialami oleh informan kunci. Penelitian dilaksanakan di SDN Kartasura 02. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah,pengawas. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu;(a) observasi; (b) wawancara; dan (c) studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan beberapa upaya sebagai berikut: (a) memperpanjang masa pengumpulan data, (b) melakukan observasi secara terus-menerus dan sungguh-sungguh, (c) melakukan triangulasi, dan (d) melibatkan teman sejawat untuk berdiskusi. Dari hasil penelaahan dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum merdeka yang menjadi acuan di sekolah penggerak, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, rasa kebhinekaan. Kepala sekolah penggerak mendorong berbagai macam programpartisipatif, unik, dan banyak inovasi. Memupuk kerja sama dengan guru-guru yang mendukung pemimpinnya berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah penggerak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi

Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 6, 5877–5889. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3149

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan

Campuran (4th Ed.). Pustaka Pelajar.

Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 2442–2355.

Javanisa, A., Fauziyah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (N.D.). Implementasi Kurikulum

Sekolah Pennggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik.

Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., Ulwiyah, N. F., Daryati, E., Hakim,

M. W. A. H., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi Dengan

Menggunakan Media Gambar Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. Jamu:

Jurnal Abdi Masyarakat Umus, 1(02), 37–43.

Nadim, A. M. (2020). Pemaparan Program Guru Dalam Peluncuran Merdeka Belajar

Episode 5 Tentang “Guru Penggerak.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022).

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu,

(4), 6313–6319.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Efforts To Improve The Competence Of Principals

As Learning Leaders In Driving School Programs In Nganjuk. Jamu: Jurnal Abdi

Masyarakat Umus, 2(02), 120–126.

Sari, F. B., & Amini, A. R. (2020). Jurnal Basicedu. Basicedu, 3(2), 524–532.

Satriawan, W., Santika, D. I., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi

Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 2021.

Https://Doi.Org/10.24042/Alidarah.V11i1.7633

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam

Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Dinamika Pendidikan, 14(2).

Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53

Downloads

Published

2023-08-04