ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9336Keywords:
Keywords: Analysis, Implementation, Independent Curriculum.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui dan menelaah tentang "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Kartasura 02. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yangmelihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalamanpengalamannya. Pendekatan fenomenologi tersebut didasari dari adanya ketertarikan peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mengenai fenomena yang dialami oleh informan kunci. Penelitian dilaksanakan di SDN Kartasura 02. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah,pengawas. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu;(a) observasi; (b) wawancara; dan (c) studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan beberapa upaya sebagai berikut: (a) memperpanjang masa pengumpulan data, (b) melakukan observasi secara terus-menerus dan sungguh-sungguh, (c) melakukan triangulasi, dan (d) melibatkan teman sejawat untuk berdiskusi. Dari hasil penelaahan dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum merdeka yang menjadi acuan di sekolah penggerak, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, rasa kebhinekaan. Kepala sekolah penggerak mendorong berbagai macam programpartisipatif, unik, dan banyak inovasi. Memupuk kerja sama dengan guru-guru yang mendukung pemimpinnya berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah penggerak.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi
Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 6, 5877–5889. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3149
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan
Campuran (4th Ed.). Pustaka Pelajar.
Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 2442–2355.
Javanisa, A., Fauziyah, F. F., Melani, R., & Rouf, Z. A. (N.D.). Implementasi Kurikulum
Sekolah Pennggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik.
Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., Ulwiyah, N. F., Daryati, E., Hakim,
M. W. A. H., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi Dengan
Menggunakan Media Gambar Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. Jamu:
Jurnal Abdi Masyarakat Umus, 1(02), 37–43.
Nadim, A. M. (2020). Pemaparan Program Guru Dalam Peluncuran Merdeka Belajar
Episode 5 Tentang “Guru Penggerak.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022).
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu,
(4), 6313–6319.
Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Efforts To Improve The Competence Of Principals
As Learning Leaders In Driving School Programs In Nganjuk. Jamu: Jurnal Abdi
Masyarakat Umus, 2(02), 120–126.
Sari, F. B., & Amini, A. R. (2020). Jurnal Basicedu. Basicedu, 3(2), 524–532.
Satriawan, W., Santika, D. I., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi
Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 2021.
Https://Doi.Org/10.24042/Alidarah.V11i1.7633
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam
Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Dinamika Pendidikan, 14(2).
Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.