PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI CERDAS UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI DESA SINTUNG KECAMATAN PRINGGARATA

Authors

  • Wiwik Wahyu Utami Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Nurhasanah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Baiq Nada Buahana Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Baik Nilawati Astini Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14090

Keywords:

Permainan Monopoli Cerdas, Kognitif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan permainan monopoli cerdas untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development. Subyek penelitian berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan yang ada di TK Kartini Desa Sintung Kecamatan Pringgarata. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun tahap dalam permainan monopoli adalah: 1. Melempar dadu, 2. Menjalankan pion sesuai dengan mata dadu yang muncul, 3. Pemain yang berhenti pada petak yang kosong dapat membeli sesuai harga yang ada pada petak dan akan mendapatkan kartu hak milik sebagai penanda, 4. Jika pemain berhenti pada petak yang sudah dimiliki pemain lain maka pemain tersebut wajib membayar denda, 5. Pemain yang berhenti pada petak pajak akan membayar ke bank sesuai pajak yang berlaku atau yang tertulis pada petak, 6. Pemain yang berhasil melewati petak selesai terlebih dadulu maka akan mendapatkan uang sesuai dengan    kesepakatan dan permainanpun akan berakhir, 7. Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang mendapatkan uang dan kebun terbanyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media monopoli yang dihasilkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase yang dihasilkan berdasarkan uji produk oleh ahli. Perkembangan kognitif anak di TK Kartini Desa Sintung Kecamatan Pringgarata mengalami pengembangan dengan persentase yang dihasilkan pada tahap pengembangan I sebesar 33,75% sedangkan pada tahap pengembangan II sebesar 54,69% dan tahap pengembangan III sebesar 85,63% hasil penelitian. Dapat disimpulkan bahwa permainan monopoli cerdas yang dikembangkan ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak TK B di TK Kartini Desa Sintung Kecamatan Pringgarata Tahun 2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Alat Permainan Edukatif Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Fahrudin, dkk. (2020). Pengenmbangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun) di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal pendidikan dasar dan anak Indonesia 1 (4) 139-145.

Listiawati. (2023). Identifikasi Pemanfaatan APE Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD se-Kecamatan Praya. Eprints.unram.ac.id, Vol 4 No. 3.

Fadillah M. (2016). Pengembangan Permainan Monopoli Raksasa Edukatif (MONKRED) Sebagai Media Untuk Meningkatkan Logika Matematika Anak Usia Dini. e-Journal.unipma.ac.id, Vol 4, Nomor 1.

Jalilah M, & Alam. (2018). Kemampuan Kognitif Anak Dalam Pemecahan Masalah Melalui Media Monopoli. Journal.ikipsiliwangi.ac.id, Jil. 1 Nomor 6.

Karim dkk (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Madura.

Thorboni M & Mumtaz F. (2019). Manfaat Bermain Menggunakan Media Monopoli Bagi pendidikan Anak Usia dini. Bandung: Balai Pustaka.

Piaget. (2018). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Widyati, S & Rinakit, A.K. (2020) Sejarah Monopoli. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

N nurhasanah, dkk. (2020). Identifikasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus 1 Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Indonesian journal of elementaryand childhood education 1(4), 155-162

Mu’min S.A (2013). Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini. e-journal.iainkendari Vol 8 Nomor 6.

Susanto, A. P. (2018). Faktor-faktor yang Mempengarhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124-132.

Siti NH, Khamim ZP. (2015). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Journal of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Vol 7 Nomor 16.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Astini, B.N dkk. (2022). Pengaruh media fuzzle terhadap perkembangan kogniti anak . journal of classroom Action Ressearch 4 (3) 97-105

Downloads

Published

2024-09-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>