IDENTIFIKASI PENGENALAN BAHASA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI MUATAN LOKAL DI PAUD SEKECAMATAN AMPENAN KOTA MATARAM

Authors

  • Baiq Triana Putri Faradinda Universitas Mataram
  • Baik Nilawati Astini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Ni Luh Putu Nina Sriwarthini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10900

Keywords:

Kata Kunci: Muatan Lokal, Bahasa Daerah, Lembaga PAUD.

Abstract

Pentingnya mempelajari kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggal perlu kita tanamkan pada anak sejak usia dini. Salah satu muatan lokal yang mudah untuk dipelajari oleh anak usia dini yaitu bahasa daerah. Namun, ada beberapa anak yang masih belum mengenal bahasa daerahnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah anak yang blasteran. Faktor lainnya yaitu anak yang tinggalnya tidak menetap pada lingkungannya dalam jangka waktu yang kurang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahasa daerah apa saja yang diajarkan serta cara penerapan bahasa daerah dalam pembelajaran sebagai muatan lokal di PAUD Sekecamatan Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Populasinya yaitu lembaga PAUD Sekecamatan Ampenan. Sampel yang diambil berjumlah 12 lembaga PAUD. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase. Hasil Penelitian menunjukkan lembaga PAUD di Kecamatan Ampenan telah mengenalkan bahasa daerah di sekolah. Adapun ragam bahasa daerah yang sudah di perkenalkan diantaranya; Bahasa Sasak (100%), Jawa (16%), Samawa (16%), dan Mbojo (16%). Media yang digunakan dalam memperkenalkan bahasa daerah yaitu; media video, poster, alat musik dan permainan tradisional. Durasi waktu pengenalan bahasa daerah di lembaga PAUD Kecamatan Ampenan sebagian besar melaksanakannya sebulan sekali (75%). Langkah-langkah pengenalan bahasa daerah yaitu: (1) Guru menjelaskan bahasa daerah secara langsung sembari praktek bercakap dengan teman/guru; (2) Guru mengajak anak menonton video tentang pengenalan bahasa daerah; (3) Guru menunjukkan kartu bergambar; dan (4) Guru mengajak untuk bermain alat musik ataupun permainan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Arikunto, S. 2021. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Artikel in Press :

Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2014.

Pauddikdasmen, https://dapo.kemendikbud.go.id/pd/3/236001

Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2007. Model Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal SD/MI/SDLB-SMP/MTS/SMPLB-SMA/MA/SMALB/SMK. Jakarta: Depdiknas.

Jurnal :

Hulukati, Wenny, Maryam Rahim dan Yusuf Djafar. 2017. Pembelajaran Bahasa Daerah Gorontalo Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS. Vol. 12. No. 1.

Munawaroh, Hidayatu dkk. 2022. Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6. Issue 5.

Suarta, Nyoman dkk. 2020. Pengembangan Muatan Lokal Sebagai Ciri Khas Satuan Dalam Implementasi K13 PAUD Pada Alumni PG-PAUD Universitas Mataram. Jurnal: Indonesian Journal of Education and Community Services. Vol. 1 No. 1.

Fakhira, Dian dkk. 2022. Identifikasi Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak Kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan. Jurnal: Journal of Classroom Action Research. Vol. 4. No.2.

Downloads

Published

2023-11-14

Most read articles by the same author(s)