PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA DI KELOMPOK B2 RAUDHATUL ATHFAL AL-MUMTAZ

Authors

  • Yayu Karmita Universitas Mataram
  • Muazar Habibi Dosen PGPAUD FKIP Universitas Mataram
  • Ni Luh Putu Nina Sriwarthini Dosen PGPAUD FKIP Universitas Mataram
  • Baik Nilawati Astin Dosen PGPAUD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11182

Keywords:

number block media,, numeracy skills, classroom action research

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di Raudhatul Athfal Al-Mumtaz terkait dengan kemampuan berhitung anak yang masih kurang berkembang di karenakan guru lebih memfokuskan anak untuk bisa membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok angka di kelompok B2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart, yang diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dengan jumlah peserta didik sebanyak 11 anak yang terdiri dari 6 Laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kemampuan berhitung pada siklus I mengalami peningkatan, dari siklus I ke Siklus II dengan persentase yang didapatkan pada siklus I sebesar 51,81% dan pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 87,12%. Dengan demikian peningkatan yang terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 35,31%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung di kelompok B2 Raudhatul Athfal Al-Mumtaz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, K., Astawa, I.M.S., Sriwarthini, N.L.P.N., & Astini, B.N. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada anak usia 5-6 tahun. Journal of classroom action research. 5(2).

Febiola, K. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 3(2). 239-341

Irawati, R. M. (2012). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan memancing angka di taman kanak-kanak sangrina bunda pasar tiku. Jurnal Pesona Paud. 1(1). 10-11.

Jaya, M. P. S., Putri, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pegang Aku (Gangku). Jurnal On Teacher Education. 4(3). 683-684

Kamarudin, S. M., Suarta, I. N., Habibi, M., & Rachmayani. (2023).Pengembangan APE Balok Cuissenaire untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Journal of classroom action research. 5(1). 218-219

Malapata, E., & Wijayaningsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Media Lambung Hitung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1), 284-285

Nasirun, Yulidesni, Indrawati, & Qalbi, Z. (2020). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu Kelas Bagi Guru Di Taman Kanak-Kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat. 1(1). 14-15

Nirawati, T. & Yetti, R. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan meja putar di taman kanak-kanak. Jurnal riset tindakan Indonesia. 4(2). 52

Padlia, A. (2012). Peningkatan kemampuan matematika anak melalui permainan balok angka di taman kanak-kanak al-falaah Bandar pasaman barat. Jurnal pesona paud. 1(1). 9-10.

Salam, A. & Syamsidar. (2022). Meningkatkan kemampuan berhitung menggunakan alat permainan edukatif balok angka di kelompok B Tk Alkhairaat Palupi. Early childhood education Indonesian journal. 41-42

Syarif, M. A. H. (2020). Hubungan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Seroja Desa Kalideres Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Jurnal Jendela Bunda. 6(2). 68-69

Downloads

Published

2023-12-08