Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Bergambar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN 2 PRAYA
Penelitian Pengembangan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11465Keywords:
Learning Media, Illustrated Spinning Wheel, Increasing Activeness, Elementary School StudentsAbstract
This research aims to develop pictorial rotating wheel learning media, to increase student activity and the effectiveness of products resulting from the development of pictorial rotating wheel learning media. This research method is R&D (Research and Development) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. Data collection methods use questionnaires and documentation. The type of data used is qualitative and quantitative data. The population in this study were all class V students at SDN 2 Praya. The general research results show that the score from the media validator obtained a percentage of 96% in the very feasible category, the material validator score obtained a percentage of 94% in the very feasible category, and the student response score obtained a percentage of 90% in the very feasible category and the results of the measurement of increased student activity with an average percentage of 5-37.5% so it is said to be increasing.Downloads
References
Arsyad, A. 1997. Media Pengajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Aulia, Aulia. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Tanya-Jawab dalam Bentuk Roda Keberuntungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Tanjung Kabupaten Ogan Ilir : 12-29.
Dita Aprilia Baiq, Darmiany, Nurhasanah. 2023. Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Prestasi Belajar Pesera Didik Kelas VI SDN 1 Gerung Selatan Tahun AJARAN 2022/2023. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1374-1383.
Hamzah, Dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Muhammadiyah Matara. : 77-81.
Jaelani, M. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Huruf Al Qur’an Melalui Penggunaan Rotar (Roda Putar) Siswa Kelas III SD Negeri 2 Pegulon Kendal. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri: Semarang.
Khairunnisa, Wardah. 2017. Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Angkasa Adisujipto. Tidak diterbitkan. Fakultas bahasa & Seni. Universitas Negeri: Yogyakarta.
Nuristiqomah, I Nyoman Karma, Isti Sitiningsih. 2023. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 33 Kota Bima. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1638-1651.
Nuzulia, Nuril. 2020. Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pembelajaran IPS Berbasis Hots Keragaman Suku dan Budaya Kelas 4 di MI Psm Padangan Kabupaten Tulungagung : 67-79.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Resti Putri Ayu, Nurahasah, dan Husniati. 2023. Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 3 SDN 05 Berangah Desa Beleka Kecamatan Praya Timur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4010-4028.
Sadiman, S. Arief dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk, Dkk. 2019. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umami Husniawati, I Nyoman Karma, Iva Nurmawanti. 2023. Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Kelas IV SD Islam Ad Diinul Qayyim Tahun Pelajaran 2022/2023/ pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1511-1524.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyuni, Dwi. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Kemampuan Menulis Hanzi pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri Cerme Tahun Ajaran 2016/2017 : 1-5.
Zulkifli, Muhammad. 2018. Pengembangan Media Permainan Roda Putar Materi Pokok Ekosistem Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya : 1-5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.