EFEKTIVITAS METODE OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA REMPUNG

Authors

  • Emilia Nurdiana Universitas Mataram
  • I Nyoman Suarta Universitas Mataram
  • Fahruddin Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10671

Abstract

Perkembangan sosial emosional sangat penting untuk dikembangkan sejak dini, agar anak lebih bisa untuk beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun dan dimanapun. Dalam membantu menstimulus perkembangan sosial emosional anak tentunya diperlukan berbagai metode yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya metode outing class ialah belajar dan bermain yang dilakukan di luar ruangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung? Sedangkan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode outing class untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisis data menggunakan statistika rumus t-test. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak yang ditunjukan dengan hasil analisis data menggunakan taraf signifikan ɑ 0,05 dengan df 14 bahwa thitung  ˃ ttabel  yaitu 49,293 ˃ 2,145 maka uji hipotesis dalam penelitian ini yang dimana berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan µ1 < µ2 atau 435 < 679. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ermalia., Y. (2020). Strategi Pembelajaran di Luar Kelas (Outing class) dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak di PAUD Negeri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Skripsi: Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Herlina., B., Y., Suarta., I., N., Astini., B., N., Nurhasanah. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Hantu Buta Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Dusun Sundak Desa Rarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. (7)4. Hal 2114-2118. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.912.

Nurtiani., A., T., Rahma., M. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Proyek Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 TK Tahfizh Anak Bangsa Banda Aceh. Jurnal Buah Hati. (7)1. Hal 11-19.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014.

Rahayu, Dwi Istati (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Gunung Sari: Arga Puji.

Rahmawati., R., L., Nazarullail., F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing class Guna Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. (7)2. Hal 9-22.

Rosyid Zaiful Moh, Rofiqi, dan Siti Yumnah. (2019). Outdoor Learning Belajar di Luar Kelas. Malang: Literasi Nusantara.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wiyani, Ardy, Novan. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Downloads

Published

2023-11-04

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>