MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI SENTRA PEMBANGUNAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK RINJANI UNRAM TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Wahyu Lilik Arisanti Program Studi PG PAUD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram
  • Nurhasanah Program Studi PG PAUD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram
  • Baiq Nada Buahana Program Studi PG PAUD Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14083

Keywords:

Untuk persyaratan sidang dan yudisium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain di sentra pembangunan pada anak usia 5-6 tahun di TK Rinjani UNRAM. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 10 orang anak kelompok B2 (usia 5-6 tahun) di TK Rinjani UNRAM. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan bermain di sentra pembangunan pada siklus I memiliki persentase sebanyak 58% dikategorikan Mulai Berkembang (MB). Dimana terdapat 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 57 dengan persentase 65%, 3 anak yang memperoleh skor sebanyak 56 dengan persentase 64%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 52 dengan persentase 59%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 48 dengan persentase 55%, 2 anak yang memperoleh skor sebanyak 47 dengan persentase 53,4%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 45 dengan persentase 51,1% , dan 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 43 dengan persentase 49%. Pada siklus II sebanyak 81,3% dikategorikan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dimana terdapat 2 anak yang memperoleh skor sebanyak 85 dengan persentase 97%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 84 dengan persentase 95,4%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 83 dengan persentase 94,3%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 70 dengan persentase 80%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 68 dengan persentase 77,2%, 2 anak yang memperoleh skor sebanyak 62 dengan persentase 70,4%, 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 61 dengan persentase 69,3%, dan 1 anak yang memperoleh skor sebanyak 55 dengan persentase 62,5%. Peningkatan hasil penelitian siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini yakni ≥ 75%. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan di sentra pembangunan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Rinjani UNRAM. Kata kunci: kemampuan kognitif, sentra pembangunan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ardiyanto, A. (2017). Bermain sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga.

Cahyo, A.N. (2013). Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2015). Alat Permainan Edukatif untuk Kelompok Bermain. Jakarta.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

DIO, C.S. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun dalam Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen.

Fadillah, M.M. (2017). Bermain & Permainan Anak Usia Dini. (I. F. Riefmanto, Ed.) Jakarta, Jl. Tambra Raya No. 23 Rawamangun: Kencana (Divisi dari Prenadamedia Group).

Faisal, R. (2017). Kontribusi Permainan Konstruktivitas (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif.

Hartati, N.P.E., Wirya, I.N. & Didith, P.A. (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Magnet Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di TK Santa Maria. Jurnal: Pg-Paud Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1.

Humaida, R.T. & Suyadi. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Indonesia. Journal on Early Childhood. Vol 4 No 2.

Jhon S. (2013). Psikologi Pendidikan Edisi ke-2. Jakarta: Kencana.

Karlina, I dkk. (2020). Mengembangkan Model Pembelajaran Sains Sederhana untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Samara Tahun Ajaran 2019/2020. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.

Luluk, A. (2013). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mahnifra. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Balok di PAUD Daharnas Lestari Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. Vol 1, 24-26.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman. Vol 13 No 1.

Masnipal. (2014). Siap Menjadi Guru dan Pengelola Profesional.

Mauda, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Rancang Balok di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro XIII Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 02, 101-112.

Montolalu. (2013). Bermain Permainan Anak. Jakarta: UT.

Mulynani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.

Nurbaity, S. & Desy, M.S. (2016). Upaya Guru Dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Suatu Penelitian di Taman Kanak-kanak islam terpadu Ar-Rahman Kota Banda Aceh). Jurnal ISSN 2355-102X, Vol. III No. 1.

Nurrahmawati, E., Hadiati, E. & Siti F. (2014). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Raudlatul Ulum Kresnomuhlyo. Jurnal-Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. E-ISSN: 2622-5182, PISSN: 2622-5484.

Noor, F.A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA). Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal Program Studi PGRA Vol 4 No 2.

Pratiwi, Y. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Rahma, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Flanel Es Krim. Jurnal: Spektrum PLS. Vol. 1 No. 1.

Rani, Y. (2014). Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Lascar Ankasa.

Rista, D.P. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak 4-5 Tahun. Jurnal: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Romlah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Melalui Kartu Angka di Taman Kanak-kanak Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung. Jurnal: Al-Athfal. Vol 1. No. 1.

Ronaini, dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Balok di RA NW Peneguk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.

Rosmiati, I dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Penggunaan Media Lego pada Anak Kelompok B di TK PGRI Pengadang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.

Sari, I.K dkk. (2019). Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Sains Sederhana Anak Kelompok B1 di TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.

Sonia, G dkk. (2021). Identifikasi Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 tahun di TK Se-kecamatan Labuhan Haji Tahun 2021. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram.

Srianis, K., Suarni, N.K. & Putu R. U. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. Vol 2 No. 1.

Suryadi. (2015). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Book.

Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini: Dalam Kajian Neurosains. Bandung. Jurnal: Remaja Rosdakarya.

Suryani, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Balok Pada Kelompok A di PAUD Tunas Belia Bondowoso Tahun Pembelajara 2016-2017.

Syamsu, Y. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. Jurnal: PT Remaja Rosdakarya.

Tadkiroatun, M. (2015). Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah Multiple Intelligence pada Anak Sejak Usia Dini). Jakarta. Jurnal: Grasindo.

Tawaduddin, N. (2017). Penanaman Nilai-nilai Agama Melalui Media Bermain Puzzle Pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education.

Yudha & Rudyanto. (2014). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Bandung. Jurnal: Depdiknas.

Yudrik, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta.

Yuhasriati, & Dewi, W. (2013). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancangan Bangunan Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh.

Yuliani, N. (2016). Sentra Balok Tema: Pertokoan. Jakarta Selatan. Jurnal: Tim Indocamp.

Yustisia. (2013). Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-09-16

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>