UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI PAUD MERPATI AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12268Keywords:
Storytelling Methods,, Language Improvement,, Classroom Action ResearchAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan bahasa anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Anak Kelompok B di PAUD Merpati Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah peserta didik 19 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, pada pelaksanaan siklus I mendapatkan persentase 70,4% yang dikategorikan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada pelaksanaan siklus II dengan persentase 84,2% yang dikategorikan BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan yaitu, dapat ditingkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan dinyatakan berhasilDownloads
References
Hidayatul, M, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(4), 2388-2393.
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal pendidikan sosial keberagaman. 5(2), 60-72.
Sari, M. (2018). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), 37-46.
Supriatna, A. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Thasinia, 3(1), 37-44.
Sari, M. Peran Orang Tua Dalam Mentimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. 1(2), 37-45.
Siti, K. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media buku cerita bergambar di PAUD Riadini Trikarya Purwodadi. Jurnal Tazkira: Transformasi ilu-ilmu Keislaman. 7(1), 70-80.
Sukardi. (2023) Penerapan Metode Reciprocal Berbantuan Fotonovela Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 2 di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2343-2347.
Triutami. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Big Boob Kalender Untuk Meningkatakan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 163-170.
Tasya, M. N. H. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui tebak gambar. Jurnal Ceria, 3(3), 196-204.
Widianti. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undikhsa, 3(1), 4-207.
Wildawati. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-60.
Zahriani, N. Jf. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual di RA Raudatul Ilmi Kecematan Medan Denai. AUD Cendekia: Jurnal of Islamic Early Childhood Education. 1(1), 30-48.
Zulfitria. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 54-60
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.