UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA ANAK KELOMPOK B DI PAUD MERPATI AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Rusni Universitas Mataram
  • Sukardi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Fahruddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12268

Keywords:

Storytelling Methods,, Language Improvement,, Classroom Action Research

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan bahasa anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Anak Kelompok B di PAUD Merpati Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah peserta didik 19 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, pada pelaksanaan siklus I mendapatkan persentase 70,4% yang dikategorikan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada pelaksanaan siklus II dengan persentase 84,2% yang dikategorikan BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan yaitu, dapat ditingkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan dinyatakan berhasil

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayatul, M, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8(4), 2388-2393.

Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal pendidikan sosial keberagaman. 5(2), 60-72.

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 1(2), 37-46.

Supriatna, A. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Thasinia, 3(1), 37-44.

Sari, M. Peran Orang Tua Dalam Mentimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. 1(2), 37-45.

Siti, K. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media buku cerita bergambar di PAUD Riadini Trikarya Purwodadi. Jurnal Tazkira: Transformasi ilu-ilmu Keislaman. 7(1), 70-80.

Sukardi. (2023) Penerapan Metode Reciprocal Berbantuan Fotonovela Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sosiologi Kelas XI IPS 2 di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2343-2347.

Triutami. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Big Boob Kalender Untuk Meningkatakan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 163-170.

Tasya, M. N. H. (2020). Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui tebak gambar. Jurnal Ceria, 3(3), 196-204.

Widianti. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undikhsa, 3(1), 4-207.

Wildawati. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-60.

Zahriani, N. Jf. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual di RA Raudatul Ilmi Kecematan Medan Denai. AUD Cendekia: Jurnal of Islamic Early Childhood Education. 1(1), 30-48.

Zulfitria. (2021). Penggunaan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 54-60

Downloads

Published

2024-01-25

Most read articles by the same author(s)