PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAHUN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10673Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Peran Makro terhadap Kecerdasan Bahasa Anak Kelompok B di TK Rinjani. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dengan bentuk one group pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B1 dan B2 yang ada di TK Rinjani sejumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Untuk penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu sampel ditentukan secara acak, dilakukan pengundian kelompok B1 dan B2 . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas menggunkaan spearman brown, uji normalitas menggunakan kolmogrov smirnov, dan uji hipotesisi menggunakan uji paired sampel test. Hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan kecerdasan bahasa antara sebelum perlakukan pelaksanaan metode bermain peran makro dengan setelah perlakuan pelaksanaan metode bermain peran makro. Kecerdasan bahasa anak setelah diberi perlakuan metode bermain peran makro lebih tinggi dari pada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pretest kecerdasan bahasa anak 22,22 dan rata-rata hasil posttest kecerdasan bahasa anak 41,33. Selanjutnaya dianalisis menggunakan uji reliabilitas instrumen dapat diketahui reliabilitas sebesar 0,685 yang menunjukkan data dalam kategori tinggi reliabelnya. Uji normalitas dapat diketahui nilai signifikan 0,20 > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Setelah data dinyatakan tinggi reliabelnya dan berdistribusi normal maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis dengan rumus paired samples tets. Hasil pengujian hipotesis jika thitung > ttabel yaitu 19,145 > 2,145 maka Ha diterima Ho ditolak pada taraf signifikansi α 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan bahasa anak kelompok B Tahun 2023/2024. Kata kunci: Bermain Peran Makro, Kecerdasan BahasaDownloads
References
Agustin., A. (2020) . “Pengaruh Media Film Animasi Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia 5 – 6 Tahun, di TK Pembina 1 Kota Bengkulu”. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Ariani., S. (2022). “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK “Aisyiyah 2 Kauman Kota Pagar Alam”. Skripsi : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS).
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bachtiar., M., Y. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A di TK Buah Hati Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Anak. (3).2 . 141 – 142.
Cahyani., M. (2023). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di RA Fatahul Wardah Kecamatan Talang Kelapa Kota Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. (5).1. 2497
Jannah., R., R., Sukiman., D. 2018. Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Lisharti. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Of Elementary and Childhood Education. (1)2. 77 - 78.
Marsita., D., (2018). “Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Najwa., S., N. (2018). ”Pengaruh Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini (Studi Eksperimen di Kelompok B TK Hijraturrasul Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi: Universitas Mataram.
Nurani., D., Y. 2018. Sentra Bermain Peran Mikro. Jakarta: Indocamp
Permendikbud 137 Tahun 2014. Kementrian. Jakarta: Kemendikbud
Sari, Desi Retno and , Drs. Haryono Yuwono, SE. and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Anak Di TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 81-482
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 102
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zaina., W. (2019). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Kelas B Di PAUD Al Karim Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawan Provinsi Sumatra Selatan”. Skripsi: Institut Agama Islam negeri (IAIN) Bengkulu .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.