PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAHUN 2023/2024

Authors

  • Baiq Amami Suryana Universitas Mataram
  • Fahruddin Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Nurhasanah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Mataram, Indonesia
  • Ika Rachmayani Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10673

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Peran Makro terhadap Kecerdasan Bahasa Anak Kelompok B di TK Rinjani. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dengan bentuk one group pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B1 dan B2  yang ada di TK Rinjani sejumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Untuk penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu sampel ditentukan secara acak, dilakukan pengundian kelompok B1 dan B2 . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas menggunkaan spearman brown, uji normalitas menggunakan kolmogrov smirnov, dan uji hipotesisi menggunakan uji paired  sampel test. Hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan kecerdasan bahasa antara sebelum  perlakukan pelaksanaan metode bermain peran makro dengan setelah perlakuan pelaksanaan metode bermain peran makro. Kecerdasan bahasa anak setelah diberi perlakuan metode bermain peran makro lebih tinggi dari pada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pretest kecerdasan bahasa anak 22,22 dan rata-rata hasil posttest kecerdasan bahasa anak 41,33. Selanjutnaya dianalisis menggunakan uji reliabilitas instrumen dapat diketahui reliabilitas sebesar 0,685 yang menunjukkan data dalam kategori tinggi reliabelnya. Uji normalitas dapat diketahui nilai signifikan 0,20 > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Setelah data dinyatakan tinggi reliabelnya dan berdistribusi normal maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis dengan rumus paired samples tets. Hasil pengujian hipotesis  jika thitung > ttabel  yaitu 19,145 > 2,145 maka Ha diterima Ho ditolak pada taraf signifikansi α 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan bahasa anak kelompok B Tahun 2023/2024.   Kata kunci: Bermain Peran Makro, Kecerdasan Bahasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin., A. (2020) . “Pengaruh Media Film Animasi Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia 5 – 6 Tahun, di TK Pembina 1 Kota Bengkulu”. Skripsi : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Ariani., S. (2022). “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK “Aisyiyah 2 Kauman Kota Pagar Alam”. Skripsi : Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS).

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bachtiar., M., Y. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A di TK Buah Hati Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Anak. (3).2 . 141 – 142.

Cahyani., M. (2023). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di RA Fatahul Wardah Kecamatan Talang Kelapa Kota Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. (5).1. 2497

Jannah., R., R., Sukiman., D. 2018. Metode Bermain Peran Inklusif Gender Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Lisharti. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Mikro untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Of Elementary and Childhood Education. (1)2. 77 - 78.

Marsita., D., (2018). “Pengaruh metode bermain peran (role playing) terhadap kecerdasan emosional anak usia dini di TK Rasyidul Jannah Bandar Lampung Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Najwa., S., N. (2018). ”Pengaruh Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini (Studi Eksperimen di Kelompok B TK Hijraturrasul Tahun Ajaran 2017/2018)”. Skripsi: Universitas Mataram.

Nurani., D., Y. 2018. Sentra Bermain Peran Mikro. Jakarta: Indocamp

Permendikbud 137 Tahun 2014. Kementrian. Jakarta: Kemendikbud

Sari, Desi Retno and , Drs. Haryono Yuwono, SE. and , Wili Astuti, S.Pd., M.Hum. (2013) Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Pada Anak Di TK Pertiwi Karanganyar 2 Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 81-482

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta, 102

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zaina., W. (2019). “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Kelas B Di PAUD Al Karim Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawan Provinsi Sumatra Selatan”. Skripsi: Institut Agama Islam negeri (IAIN) Bengkulu .

Downloads

Published

2023-11-04

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>