UPAYA MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A MELALUI PENGUNNAAN MEDIA POP UP BOOK DI IT AL-FAJAR MATARAM

Authors

  • Safira Universitas Mataram
  • Sukardi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • M.A Muazar Habibi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12238

Keywords:

Vocabulary,, Pop up book,, And group A

Abstract

The purpose of this study was to find efforts to increase the vocabulary of group A children through pop up book media at Al-Fajar IT Kindergarten Mataram. This study is a class action research (PTK) of 2 cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were group A children in IT-Al Fajar Mataram Kindergarten totaling 13 children. The data analysis techniques used are qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive. The results showed that the implementation of activities using pop up book media in cycle I had a percentage of 78.7% with a good category, then children's vocabulary skills in cycle I were categorized as poor with a percentage of 57.7%. And the implementation using pop up book media has increased with a percentage of 88.2% categorized as well implemented, and children's vocabulary skills are categorized as good with a percentage of 83.4% in cycle II so that it has reached the success indicator determined in this study, which is 75%. The conclusion of this study is that the vocabulary of group A children can be increased through pop up book media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, Sukardi, & Muazar, H. (2023). Pengaruh media stik es krim alphabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di PAUD merpati ampenan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 8(3), 1415-1419.

Ayu, S. K., Sukardi, & Ismail. Pengaruh penerapan discovery learni berbantuan media slide program macromedia flash terdapat hasil belajar PPKN. Pendidikan sosial keberagaman, 5(2), 84-99.

Bunga. C. A., & Damri. 2019. Meningkatkan kosakata benda melalui media pop up book bagi siswa tunarungu kelas 1 di SLB luak nan bungsu payakumbuh. Jurnal penelitian pendidikan khusus, 7(1),

Caroline, Suryani, & Sari. (2022). Upaya meningatkan kosa kata anak melalui metode bernyanyi. Early Child Research and Practice, 1(1), 23-26.

Danu, R. R. (2008). Metode bel meningkatkan penguasaan kosakata bahasa indonesia anak TK B1 surabaya. Jurnal penelitian, 7(1), 61-70.

Dewanti, H., Anselmus, T., & Yerry, S. (2018). Pengembangan media pop up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 pakunden kabupaten ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.

Dwi, F. L., & Prima, M. S. 2021. Media pop up book berasis kamampuan higher order thinking skill (HOTS) pada daur hidup hewan. Jurnal edutech undiksha, 9(2), 206-215.

Hauda, Y. M. (2019). Menjadi guru kreatif, inovatif, dan inspiratif.

Huda, F. T. 2016. Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan kosakata anak tunarungu kelas P1 di SLB dena upakara. Skripsi. FKIP-UNY.

Jenal, E. M., Muhammad, N., & Nia, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar ipa (studi eksperimen terhadap siswa kelas v sdn 1 cibunar). Jurnal sekolah dasar, 1(2), 73-81.

Kartika, Q. P., Pratjojo, & Arfilia, W. 2019. Pengembangan media buku pop up book untuk meningkatkan kemampuan menyimak tema menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar. Jurnal pedagogi dan pembelajaran, 2(2), 169-175.

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Khairunnisa, Sukardi, & Abdul, K. J. 2023. Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui permainan finger painting pada anak usia 5-6 tahun di TK islam nurul iman sekarbela. Jurnal linguistik, sastra dan pendidikan, 8(2), 276-284.

Khamidah, A., & Nikmahtul, K. T. Y. 2022. Pengembangan media pembelajaran pop up book dalam pembelajaran bahasa melalui tema binatang untuk anak usia 4-5 tahun di RA bahrul ulum sawahan turen-malam. Jurnal lingkup anak usia dini, 3(1), 8-17.

Khoirul, N. U., Afakhrul, M. B., & Hardian, I. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 01-11.

Izzati, H., Sukardi, & Masyhuri. 2022. Implementasi model outdoor learning terhadap hasil belajar. Jurnal of clasroom action research, 5(1), 271-276.

Laili, R., & Mulyani. 2019. Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN kajeksan kecematan tulangan kabupaten sidoarjo. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 7(1), 2581-2590.

Makdalena, K. E., & Suhandi. 2023. Media pembelajaran pop up book pada materi siklus air untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPAS. Jurnal education, 9(4), 2222-2227.

Marsiyah. (2022). Penggunaan media pop-up book untuk mengembangkan kosa kata pada siswa kelompok A TK desa sewulan kecamatan dagangan kabupaten madiun semester I tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru, 3(2), 42-51.

Mufidah, A., Izzatul, M. S., & Yayuk, F. (2018). Media pembelajaran “pop up book”sebagai alternatif pembelajaran kosakata bahasa arab yang mudah dan menyenangkan untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, 634-646.

Nurlaela. 2018. Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa inggris anak usia dini.

Permatasari, Mahfud, & Yulisetiani. 2023. Implementase pop up book dengan konten profil pelajar pancasila untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK putera harapan surabaya. Jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini, 3(1), 1-6.

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana, 216-220.

Umi, T. H. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia, 3(2), 46-54.

Wayan , N. R., & Putu, Y. P. (2022). Peran lingkungan keluarga dalam perkembangan bahasa anak selama pandemi covid-19. Jurnal smart paud, 5(2), 99-106.

Zahra, H. L. (2018). Metode pengembangan bahasa anak pra sekolah. Jurnal raudhah, 6(2), 1-21.

Downloads

Published

2024-01-25