PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) BERBANTUAN MEDIA VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.22628Keywords:
Kata Kunci: Savi, hasil belajar, vlogAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Savi berbantuan media vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kuasi eksperimental dengan rancangan posttest-only non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sosial di SMAN 4 Mataram yang disebarkan di 5 kelas yaitu kelas X sosial 1, X sosial 2, X sosial 3, X sosial 4, dan X sosial 5. Sampel penelitian ini adalah kelas X sosial 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X sosial 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling setelah melalui proses penyepadanan kelas. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang telah memenuhi kriteria instrument. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tes parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Savi berbantuan media vlog terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari niai rata-rata kelas eksperimen (84,59) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol (75,39). Model savi sejalan dengan teori konstruktivistik karena keduanya menekankan keaktifan siswa, keterlibatan pengalaman langsung, serta pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, dengan menerapkan model savi dalam pembelajaran, guru dapat membantu peserta didik membangun pemhaman dengan cara yang lebih efektifDownloads
References
Adekantari, P., Su'ud, S., & Sukardi, S. (2020). The influence of instagram-assisted project based learning model on critical thinking skills. Journal of Educational and Social Research, 10(6), 315-315
Khairna, Viranda Putri, Sukardi Sukardi, and Nurlaili Handayani. "Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog Terhadap High Order Thinking Skill Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 7, no. 2 (2022): 157-167.
Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5 (2)
Sukardi, S. (2023). Analisis Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa Menggunakan ServQual: Ke Arah Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan.Journal of Classroom Action Research,5(1
Ismail, M., Sukardi, S., & Su'ud (2009).
Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sasak: ke Arah Sikap dan Prilaku Berdemokrasi Siswa SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2 Jul
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.