PENERAPAN ACTIVE LEARNING SCIENTIFIC APPROACH MODEL MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SMP 1 LINGSAR LOMBOK BARAT

Authors

  • Hairil Wadi Universitas Mataram
  • Ni Made Novi Suryanti Universitas Mataram
  • Sukardi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10132

Keywords:

Active, Learning, Scientific, Lesson study

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan Active Learning Scientific Approach Model melalui Lesson Study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SMP 1 Lingsar Lombok barat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian menggunakan Purposive sampling,yaitu guru yang mengajar mata pelajaran IPS dan siswa kelas VII D,VIII B yang terlibat kegiatan pembelajaran IPS. Analisa data mengacu pada model Miles and Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada putaran 1 penerapan di kelas VII D siklus 1 keterlaksanaan pembelajaran sebesar 77 %, kualitas pembelajaran 77 %. Sedangkan pada siklus 2 keterlaksanaan pembelajaran 94 %, kualitas pembelajaran 87 %. Pada putaran 2 di kelas VIII B siklus 1 keterlaksanaan pembelajaran 82 %, kualitas pembelajaran 69 %, Sedangkan siklus 2 keterlaksanaam pembelajaran 92 %, kualitas pembelajaran 92 %.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bacon Bill. Corbin & Bryan Kopp. TanpaTahun. A Brief Introduction toCollege Lesson Study.Lesson StudyProject. online:http://www.uwlax.edu/sotlAsplindex2.htm (11 Maret 2017) Bonwell, C. C., and Eison, J.A. (1991). Active learning: creating excitement in the classroom.ASH#-ERIC Higher Education Report No. 1,

Cahyani, dkk (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020).

Carr, R., Palmer, S., and Hagel, P. (2015). Active learning: the importance of developing a comprehensive measure. Active Learning in Higher Education 16, 173-186

Chairudin, dkk (2018). Modul Sosiologi SMA. Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Menegah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Chamdani, dkk, (2015). Pengembangan Model Research Based Learning dengan Pendekatan Scientific melalui Lesson Study dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Tahun 2015. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan” FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Daryanto,2014 Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, ( yogyakarta: Gava Media Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta Depdiknas.

Hamzah.Uno (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efekatif: Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasan, Said Hamid.(1996). Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta:Depdikbud.

Hendayana, dkk. 2007. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatakan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

Lepiyanto Agil,(2012). Implementasi Lesson study pada Metode numbered heads together dipadu dengan team games tournament untuk pengembangan karakter siswa kelas x sma negeri 1 kepanjen.Jurnal bioedukasi volume 3 nomor 2 .

Lufri, fitria,Azwir(2020). Effect of active learning in form of scientific approachh with asistence student worksheet problem based leanring toward student biologi psichomotor competence in bacterial material. Journal of educational sciences.

Maxim, George W (2010). Dynamic Social Students for Consturtivist Clasroom Inspiring Tomorrow Social scienties. New York Viking

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Rahmawati, Zidni Zidni (2019). Identifikasi Permasalahan-Permasalahan dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Historia Volume 3 Tahun 2019

Simons.P.R.J. (1997).From romanticsm to practice in learning. Lifelong Learning Europe, 8(1),8- 15

Sudrajat,Akhmad. Lesson Study untuk Meningkatkkan Proses dan HasilBelajar.Online.http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/lesson-study-untuk meningkatkan-pembelajaran/-. (24 Maret 2017)

Susilo, dkk (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publising.

Winarsih, Mulyani (2012). Peningkatan Profesionalisme Guru IPS melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. JPII 1 (1) (2012) 43-50 Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Winarsih, Mulyani (2012). Peningkatan Profesionalisme Guru IPS melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. JPII 1 (1) (2012) 43-50 Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Wulandari, dkk (2019). Identifikasi Problematika Pembelajaran IPS (Kajian di SMP N 5 Yogyakarta, SMP N 8 Yogyakarta, dan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Laporan Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu Tahun anggaran 2018

Wulandari, dkk (2019). Identifikasi Problematika Pembelajaran IPS (Kajian di SMP N 5 Yogyakarta, SMP N 8 Yogyakarta, dan SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Laporan Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu Tahun anggaran 2018

Downloads

Published

2023-09-08

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>