PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 MATARAM

Authors

  • Rahmawati Rahmawati
  • Hairil Wadi Universitas Mataram
  • Imam Malik Universitas Mataram
  • Ni Made Novi Suryanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10904

Keywords:

Student Facilitator And Explaining, Media Vlog, Keaktifan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media vlog untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMAN 3 Mataram, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 67% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 63%. Selanjutnya pada siklus 2 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 93% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Ekawarna, Salam, M., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 52–62.

Ilmiyah, R. (2012). Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa (study kasus siswa kelas X APK SMK Wisnuwardhana Malang pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi). Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang.

Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 191–197.

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50.

Nurrahman, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Blogging dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas XI SMAN 9 Bogor). Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Pariera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan di Timor Leste. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), hal. 109.

Rakhmanina, L., & Kusumaningrum, D. (2017). The Effectiveness Of Video Blogging In Teaching Speaking Viewed From Students’learning Motivation. Proceedings of ISELT FBS Universitas Negeri Padang, 5, 27-34.

Wadi, H., Hamidsyukrie, Sukardi, Suryanti, Ni Made Novi Handayani, N., & Masyhuri. (2020). Pendampingan Inovasi Pembelajaran IPS HOTS Pola Lesson Study For Learning Community Di SMP 14 Mataram. Prosiding PEPADU 2020, 2(2007), 2–3.

Downloads

Published

2023-11-15

Most read articles by the same author(s)