PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER BOLA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS III SD

Authors

  • Rahmawati
  • Bukman Lian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10883

Keywords:

Media Pembelajaran, Koper Bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran koper bola pada mata pelajaran ppkn kelas III SD yang valid dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan proedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 02 Campang Tiga Ulu dengan jumlah sebanyak. Kriteria kualitas media pembelajaran koper bola yang bisa dilihat dari hasil validasi ahli materi, media dan Bahasa. Hasil kevalidan media berdasarkan validasi ahli materi sebesar 94% dikategorikan sangat valid, validasi ahli media sebesar 92% dikategorikan sangat valid, validasi ahli Bahasa sebesar 92% dikategorikan sangat valid. Lalu penilaian angker dari hasil tes siswa 85,71% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan dari hasil yang telah dipaparkan bahwa media pembelajaran koper bola sangat layak untuk digunakan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, E. S. (2019). pengembangan media "kopaja" (koper aksara jawa) materi aksara jawa siswa kelas III SD. Malang: university of muhammadiyah malang.

Ardiani, R. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Pengembangan media flashcard pada mata pelajaran PPKn. Jurnal pendidikan dan pembelajaran.

Benaziria. (2018). Pengembangan literasi digital pada warga negara muda dalam pembelajaran PPKn melalui model VCT. Jurnal pendidikan ilmu-ilmu sosial, 13.

Cahyadi, A. (2019). pengembangan media dan sumber belajar . serang baru: laksita indonesia.

dani nasution , a. m., suhulah, g. a., nur alam, p. r., & setiawan , u. (2022). prinsip dan landasan penggunaan media pembelajaran di sekolah. jurnal edukasi nonformal, 590.

Dr.Sugiyono, P. (2022). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Erica, & Sukmawarti. (2021). pengembangan media pop up book pada pembelajaran PKN Di SD. journal of education and social analysis .

Ismawanti, V. (2019). Pengembangan media koper keragaman pada materi indahnya keragaman budaya dinegeriku siswa kelas IV sekolah dasar. Malang : umm library.

Khaeroni. (2021). Metodologi pengembangan. Serang: Penerbit dan percetakan media madani.

Khairuna, Y. (2020). pengembangan bahan ajar berbasis saintifik jenjang sd/mi kelas III . banda aceh.

Kusumawardani, V. (2020). pengembangan media pembelajaran kopmibi "koper miniatur budaya indonesia " kepulauan jawa, tema indahnya kebersamaan untuk kelas IV SD. Malang.

Lubis, M. A. (2020). pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan . jakarta: kencana.

Rayanto, Y. H. (2020). penelitian pengembangan model addie dan . pasuruan: lembaga academic dan research institute.

Rohani. (2019). media pembelajaran. medan.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran . Yogyakarta: CV BUDI UTAMA .

Sugiyono, P. (2022). Metode penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis Siswa. Jurnal of Management, 89.

Downloads

Published

2023-11-24