PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARLING (KESADARAN LINGKUNGAN) TERHADAP PEMAHAMAN PEMBELAJARAN IPAS SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20572Keywords:
Pengembangan, Flipbook, Media pembelajaran, Kesadaran lingkunganAbstract
Kebutuhan akan pendidikan selalu berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, budaya, dan masyarakat. Pendidikan masyarakat bertujuan untuk membentuk karakter dan peradaban bangsa yang cerdas, percaya, inovatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan pengembangan media digital berbasis flipbook pada mata Pelajaran IPAS materi tumbuhan, sumber kehidupan di bumi untuk siswa kelas 4 SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, analyze (analisis), design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian tentang penilaian ahli media dari segi aspek desain produk flipbook dan program media pembelajaran mendapatkan rata-rata 42 dengan presentase 84% (sangat valid), penilaian ahli materi dari segi aspek kurikulum dan materi mendapatkan rata-rata 44 dengan presentase 88% (sangat valid), penilaian ahli bahasa dari segi aspek kelayakan bahasa mendapatkan rata-rata 40 dengan presentase 80% (valid). Hasil penelitian angket respon siswa di peroleh rata-rata 43,10 dengan presentase 86,21% mendapatkan kreteria (sangat praktis) dan Hasil uji coba keefektifan media pembelajaran darling (kesadaran lingkungan) berbasis flipbook yang dilakukan melalui penyebaran soal latihan dengan responden siswa kelas IV A SD Negeri 25 Palembang. Berdasarkan hasil soal latihan siswa di peroleh total skor rata-rata 84,64 mendapatkan kreteria (sangat efektif). Kata Kunci : Pengembangan, Flipbook, Media pembelajaran, Kesadaran lingkunganDownloads
References
Gusti, U. A., Rismawati, Artha, H. W., & Noviandri. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Literasi Lingkungan Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Bermutu, 1-7.
Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5631-5639.
Mustafidah, H., & suwarsito. (2020). Dasar-dasar metodologi penelitian. Purwokerto: UM Purwokerto Press.
Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 238-253.
Puspita , E. I., Rustini, T., & Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun Media E-BOOK Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational learning and Innovation, 65-84.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hermawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar disekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6313-6319.
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4581-4586.
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4581-4586.
Santika, I. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. P. (2022). Membentuk karakteristik peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPAS. Jurnal education and development, 207-212.
Saputri, N., Akhbar, M. T., & Aryaningrum, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 967-971.
Sugiyono , P. D. (2021). metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistiawati, Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengembangan bahan ajar media kahoot untuk pelajaran PPKN materi keberagaman kelas IV sekolah dasar. Jurnal bintang pendidikan indonesia, 144-156.
Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 46-57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.