PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD SE-KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG

Authors

  • Bukman Lian Pasca sarjana PGRI Palembang
  • Anggy Permata Sari Pasca sarjana PGRI Palembang
  • Rohana Pasca sarjana PGRI Palembang

Keywords:

Visionary Leadership, Academic Supervision, Teacher Professionalism

Abstract

This study aims to determine the influence of visionary leadership and academic supervision on the professionalism of public elementary school teachers in Sako District, Palembang City. Teacher professionalism is strongly influenced by various internal and external factors, including school leadership and supervisory strategies. This research employed a quantitative method with multiple linear regression analysis techniques. Data were collected through questionnaires distributed to public elementary school teachers.The results indicate that visionary leadership has a positive and significant effect on teacher professionalism, as evidenced by increased commitment, creativity, and professional responsibility. Academic supervision also significantly influences the improvement of teachers’ pedagogical and professional competencies. Simultaneously, the two variables contribute 67.2% to teacher professionalism. Keywords: Visionary Leadership, Academic Supervision, Teacher Professionalism.   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner dan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Sako Kota Palembang. Profesionalisme guru sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, termasuk kepemimpinan kepala sekolah dan strategi supervisi. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui angket kepada guru SD Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, ditandai dengan meningkatnya komitmen, kreativitas, dan tanggung jawab profesional. Supervisi akademik juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 67,2% terhadap profesionalisme guru.   Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, F. A., & Azzam, F. (2022).

Efektivitas Pelaksanaan Supervisi

Akademik Pengawas Dalam

Meningkatkan Kompetensi

Profesional Guru PAI SD di

Kecamatan Tambun Selatan.

Parameter, Volume 7 (1). 26-40.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar

Supervisi Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aslam. (2024). Kepemimpinan Visioner

dan Iklim Organisasi dalam

Pendidikan: Optimalisasi

Kepuasan Kerja Guru. Indonesia

Emas Group.

Azwar. (2017). Metode Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Creswell, J. W. (2018). Research design:

Qualitative, quantitative, and

mixed methods approaches (5th

ed.). London: SAGE Publications.

Damayanti, S., Harapan, E., & Rohana.

(2021). Pengaruh Kepemimpinan

Visioner dan Mutu Tata Kelola

Terhadap Akreditasi. Jurnal

Pendidikan Tambusai, Volume 5

(3).

Efendi, N., & Sholeh, M. (2023).

Manajemen pendidikan dalam

meningkatkan mutu

pembelajaran. Academicus:

Journal of Teaching and

Learning, Volume 2 (2). 68-85.

Fadri, Z. (2024). Perencanaan Strategis.

Manajemen dan Kepemimpinan,

Volume 42.

Fajar, A., & Nugraha, M. (2023). Gaya

Kepemimpinan Visioner Kepala

Sekolah Dalam Meningkatkan

Kinerja Guru di Mts Ylpi

Ibaadurrahman Kota Sukabumi.

Inspirasi Dunia: Jurnal Riset

Pendidikan dan Bahasa, Volume

2 (2). 45-56.

Hakim, A. (2021). Etika Profesi Guru.

Surabaya: Airlangga University

Press.

Handayani, L., Madjdi, A., & Suad.

(2021). Pengembangan model

supervisi akademik berbasis

rekan sejawat di SMP Negeri se-

kecamatan bae Kabupaten

Kudus. Jurnal Studi Guru dan

Pembelajaran, Volume 4 (2). 317-

334.

Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Bumi Aksara.

Henriyani, E. (2020). Peran Pemimpin

Visioner dalam Mewujudkan

Inovasi Pelayanan Publik (Studi

Pada Desa Majasari Kecamatan

Sliyeg Kabupaten Indramayu).

Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pemerintahan, Volume 6 (2). 436-

443.

Hidayati, T., & Indriani, R. (2021).

Pengembangan Kompetensi

Profesional Guru di Era Digital.

Yogyakarta: Deepublish.

Imam, H. (2021). Kepemimpinan

Visioner Kepala Sekolah Di Smp

Istiqomah Sambas Purbalingga.

Disertasi. Purwokerto: IAIN

Purwokerto.

Imansari, N., & Kholifah, U. (2023).

Metodologi Penelitian untuk

Pendidikan Kejuruan. Madiun:

UNIPMA Press.

Ismail, M. (2021). Profesionalisme Guru

dalam Pendidikan Modern.

Yogyakarta: Deepublish.

Isnaini, L. (2020). Strategi

Kepemimpinan Abad 21:

Visioner, Kreatif, Inovatif, Dan

Cerdas Emosi. PRODU:

Prokurasi Edukasi Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam ,

Volume 1 (2).

Kamaluddin, & Junaidin. (2024). Etika

Tenaga Kependidikan Universitas

Mbojo Bima dalam Pelayanan

Publik. JURNAL SYNTAX

IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial

dan Pendidikan, Volume 4 (6).

811-820.

Downloads

Published

2025-07-09

Most read articles by the same author(s)