PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PROFESIONALISME GURU SD SE-KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG
Keywords:
Visionary Leadership, Academic Supervision, Teacher ProfessionalismAbstract
This study aims to determine the influence of visionary leadership and academic supervision on the professionalism of public elementary school teachers in Sako District, Palembang City. Teacher professionalism is strongly influenced by various internal and external factors, including school leadership and supervisory strategies. This research employed a quantitative method with multiple linear regression analysis techniques. Data were collected through questionnaires distributed to public elementary school teachers.The results indicate that visionary leadership has a positive and significant effect on teacher professionalism, as evidenced by increased commitment, creativity, and professional responsibility. Academic supervision also significantly influences the improvement of teachers’ pedagogical and professional competencies. Simultaneously, the two variables contribute 67.2% to teacher professionalism. Keywords: Visionary Leadership, Academic Supervision, Teacher Professionalism. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner dan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Sako Kota Palembang. Profesionalisme guru sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal, termasuk kepemimpinan kepala sekolah dan strategi supervisi. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui angket kepada guru SD Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, ditandai dengan meningkatnya komitmen, kreativitas, dan tanggung jawab profesional. Supervisi akademik juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 67,2% terhadap profesionalisme guru. Kata Kunci: Kepemimpinan Visioner, Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru.Downloads
References
Akhmad, F. A., & Azzam, F. (2022).
Efektivitas Pelaksanaan Supervisi
Akademik Pengawas Dalam
Meningkatkan Kompetensi
Profesional Guru PAI SD di
Kecamatan Tambun Selatan.
Parameter, Volume 7 (1). 26-40.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar
Supervisi Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Aslam. (2024). Kepemimpinan Visioner
dan Iklim Organisasi dalam
Pendidikan: Optimalisasi
Kepuasan Kerja Guru. Indonesia
Emas Group.
Azwar. (2017). Metode Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Creswell, J. W. (2018). Research design:
Qualitative, quantitative, and
mixed methods approaches (5th
ed.). London: SAGE Publications.
Damayanti, S., Harapan, E., & Rohana.
(2021). Pengaruh Kepemimpinan
Visioner dan Mutu Tata Kelola
Terhadap Akreditasi. Jurnal
Pendidikan Tambusai, Volume 5
(3).
Efendi, N., & Sholeh, M. (2023).
Manajemen pendidikan dalam
meningkatkan mutu
pembelajaran. Academicus:
Journal of Teaching and
Learning, Volume 2 (2). 68-85.
Fadri, Z. (2024). Perencanaan Strategis.
Manajemen dan Kepemimpinan,
Volume 42.
Fajar, A., & Nugraha, M. (2023). Gaya
Kepemimpinan Visioner Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di Mts Ylpi
Ibaadurrahman Kota Sukabumi.
Inspirasi Dunia: Jurnal Riset
Pendidikan dan Bahasa, Volume
2 (2). 45-56.
Hakim, A. (2021). Etika Profesi Guru.
Surabaya: Airlangga University
Press.
Handayani, L., Madjdi, A., & Suad.
(2021). Pengembangan model
supervisi akademik berbasis
rekan sejawat di SMP Negeri se-
kecamatan bae Kabupaten
Kudus. Jurnal Studi Guru dan
Pembelajaran, Volume 4 (2). 317-
334.
Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Bumi Aksara.
Henriyani, E. (2020). Peran Pemimpin
Visioner dalam Mewujudkan
Inovasi Pelayanan Publik (Studi
Pada Desa Majasari Kecamatan
Sliyeg Kabupaten Indramayu).
Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pemerintahan, Volume 6 (2). 436-
443.
Hidayati, T., & Indriani, R. (2021).
Pengembangan Kompetensi
Profesional Guru di Era Digital.
Yogyakarta: Deepublish.
Imam, H. (2021). Kepemimpinan
Visioner Kepala Sekolah Di Smp
Istiqomah Sambas Purbalingga.
Disertasi. Purwokerto: IAIN
Purwokerto.
Imansari, N., & Kholifah, U. (2023).
Metodologi Penelitian untuk
Pendidikan Kejuruan. Madiun:
UNIPMA Press.
Ismail, M. (2021). Profesionalisme Guru
dalam Pendidikan Modern.
Yogyakarta: Deepublish.
Isnaini, L. (2020). Strategi
Kepemimpinan Abad 21:
Visioner, Kreatif, Inovatif, Dan
Cerdas Emosi. PRODU:
Prokurasi Edukasi Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam ,
Volume 1 (2).
Kamaluddin, & Junaidin. (2024). Etika
Tenaga Kependidikan Universitas
Mbojo Bima dalam Pelayanan
Publik. JURNAL SYNTAX
IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial
dan Pendidikan, Volume 4 (6).
811-820.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.