PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN SRI KARANG REJO

Authors

  • nurulkhotimah Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30001

Keywords:

Kata Kunci : Media Video Animasi, Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media video animasi interaktif terhadap kedisiplinan siswa di SDN Sri Karang Rejo. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan satu kelompok kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa media video animasi interaktif selama satu minggu. Data dikumpulkan melalui angket yang mencakup indikator kedisiplinan, yaitu kehadiran tepat waktu, kepatuhan terhadap aturan, tanggung jawab pribadi, pengelolaan waktu, perilaku sosial, dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi interaktif berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas eksperimen, dengan skor rata-rata pretest 60,17 dan posttest 78,25. Penggunaan media interaktif ini terbukti meningkatkan partisipasi aktif dan disiplin waktu siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video animasi interaktif memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan siswa, dan diharapkan dapat diterapkan di sekolah dasar lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiansyah, F., et al. (2022). The Role of Interactive Animated Videos in Enhancing Classroom Participation. Journal of Educational Media and Technology, 45(1), 45-58.

Alfiansyah, I., & Suryani, S. (2022). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 19(1), 75-84.

Amin, dkk. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal

Aminah, N. (2020). Pengaruh perilaku sosial terhadap kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(4), 310-320.

Andriani, L., & Hermawan, T. (2021). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran daring selama pandemi. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 19(2), 101-110.

Anwar, M., & Kurniawan, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 135-142.

Anwar, M., et al. (2021). The Effectiveness of Technology-Based Learning Media on Student Discipline. Journal of Educational Technology, 15(4), 234-245.

Arham, A. (2020). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang efektif. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 12(4), 112-119.

Arief, T., & Sugiarto, H. (2022). The Impact of Interactive Video Animation on Student Engagement and Motivation in Elementary Education. Journal of Educational Technology & Multimedia, 21(2), 101-115.

Asna, F., & Hilman, T. (2022). Penggunaan media pembelajaran untuk mendukung kesuksesan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(1), 67-80.

Aziz, M., & Rahmawati, S. (2021). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), 51-60.

Aziz, M., et al. (2021). Enhancing Time Management Skills through Interactive Learning Tools. Educational Media International, 58(3), 157-170.

Chen, S., et al. (2021). Technology Integration for Improved Classroom Discipline and Engagement. Computers in Education, 72, 134-145.

Daryanto & Karim, S. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Faqih, M. (2020). Peranan media pembelajaran dalam pendidikan dan pengajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 125-136.

Feng, Y., et al. (2021). The Impact of Interactive Media on Student Engagement and Discipline. Journal of Interactive Learning Research, 32(2), 120-137.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusmania, A., & Wulandari, S. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan, 21(2), 150-163.

Hadi, S. (2021). Manajemen kelas: Membangun disiplin siswa melalui pendekatan manajerial. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 47-56.

Hapsari, D., & Zulherman, I. (2021). Pengaruh penggunaan video animasi dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(3), 150-165. https://doi.org/10.1234/jpt.2021.01103

Hidayati, S., & Arifianto, R. (2022). Enhancing Discipline through Interactive Learning Media in Primary Schools. Journal of Digital Education, 4(1), 37-46.

Huda, C., Damayanti, F. F., & Nuvitalia, D. (2019). Analisis Validitas dan Reliabilitas Alat Peraga Tabung Resonansi Horizontal beserta Instrumennya untuk Menunjang Keterampilan Generik Sains Siswa. Physics Education Research Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3978

Kurniawan, P. (2023). Visual Learning through Animation: Improving Students’ Focus and Discipline in Elementary School. Journal of Educational Research and Innovation, 35(3), 78-89.

Mashuri, H., & Budiyono, D. (2020). Pengaruh penggunaan video animasi dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 22(1), 100-110.

Mashuri, S., & Budiyono, B. (2020). Efektivitas media video animasi dalam meningkatkan efisiensi pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 24(4), 231-240. https://doi.org/10.5678/jpd.2020.2404

Mayer, R. E. (2022). Multimedia Learning: A Cognitive Theory Approach. Educational Psychology Review, 33(1), 10-25.

Muhammad, F., Rahmayanti, S., & Istianah, Y. (2022). Video animasi interaktif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 17(2), 88-99. https://doi.org/10.7890/jip.2022.17202

Muhammad, R. (2022). Keuntungan dan tantangan media video dalam pendidikan. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 18(4), 320-330.

Mulyasa, E. (2022). Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Munir, A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 19(3), 250-260.

Nurhadi, D., Darlis, F., & Sari, D. (2021). The Role of Interactive Video Animation in Enhancing Student Discipline in Elementary Schools. Indonesian Journal of Education Studies, 15(4), 224-237.

Nurhaliza, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas Ii Pada Muatan Matematika Sdn 110/I Desa Tenam. 31–41.

Prasetyo, A. (2020). Pengaruh tanggung jawab pribadi terhadap kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 67-74.

Prasetyo, D. (2023). Exploring the Effectiveness of Animated Learning Media on Student Discipline in Primary Education. International Journal of Educational Technology, 19(1), 29-42.

Pratama, A., et al. (2021). Social Interaction Enhancement in Learning Environments with Technology-Based Media. Journal of Social Education, 22(3), 200-212.

Pratama, I., & Sutrisno, D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Partisipasi Siswa di Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(3), 125-132.

Rahman, A. (2021). Interactive Learning Media for Enhancing Student Focus and Discipline in Primary Schools. Educational Technology and Pedagogy, 27(2), 56-63.

Rahmayanti, S., & Istianah, Y. (2018). Peningkatan keterlibatan siswa melalui penggunaan media video animasi. Jurnal Pendidikan Interaktif, 6(1), 45-55. https://doi.org/10.1123/jpi.2018.06101

Ramdani, D., Suryani, N., & Hasan, A. (2018). Klasifikasi media pembelajaran dan pemilihannya dalam pendidikan. Jurnal Edukasi, 22(1), 98-104.

Rohmah, F. (2020). Peran manajemen waktu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 16(1), 45-53.

Sanjaya, W. (2021). Media Pembelajaran: Konsep, Desain, dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Slamet, S., & Wahyuningsih, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Interaktif terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 51, 45–60.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2013th ed.). ALFABETA, CV.

Suryani, N. (2021). Peran partisipasi aktif dalam pembelajaran terhadap kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 140-149.

Susanto, H., & Prasetyo, T. (2021). Pengaruh Media Interaktif terhadap Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Studi Pendidikan, 22(2), 200-210.

Tullah, I., Rahman, S., & Setiawan, D. (2022). Pengulangan materi menggunakan video animasi dalam pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 113-120. https://doi.org/10.4567/jtp.2022.12303

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Zhang, W., et al. (2022). Interactive Technologies and Collaborative Learning: Improving Student Social Behavior in Classrooms. International Journal of Educational Research, 56(2), 89-101.

Zulkarnain, A., & Santoso, W. (2023). Teknologi informasi dalam pembelajaran: Meningkatkan efektivitas dan produktivitas belajar. Jurnal Pendidikan Modern, 15(2), 200-212.

Downloads

Published

2025-08-03

Most read articles by the same author(s)