Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Pemula Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Negeri 98 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.27817Keywords:
Pengembangan Media, Kartu Kata Bergambar, Membaca PemulaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kata bergambar dalam keterampilan membaca pemula pada peserta didik kelas 1 SD yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluasi ) Penelitian dilakukan di SD Negeri 98 Palembang dan dideskripsikan secara rinci mulai dari tahap speksifikasi produk, pengembangan produk, validasi para ahli, uji coba kepada peserta didik. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 1 SD dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Hasil dari ketiga validator ahli media, materi dan bahasa pada penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata 91% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil dari respon guru, one to one, dan Small Group mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil dari soaltes peserta didik mendapatkan skor 86% dengan kriteria “sangat efektif”. Maka dapat dikatakan produk yang telah dikembangkan dari hasil didapatkan bahwa media kartu kata bergambar untuk keterampilan membaca pemula pada peserta didik kelas 1 SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar dan membantu guru maupun peserta didik dalam mencapainya tujuan pembelajaran.Downloads
References
Astuti, W. S. (2020). Pengembangan
media pembelajaran kartu kata
bergambar (Flash Card) untuk
melatih kemampuan membaca
permulaan kelas 1 SD/MI.
Pendidikan guru madrasah
ibtiday.
Gading, I., Magta, M., & Pebrianti, F.
(2019). Pengaruh Metode Suku
Kata Dengan Media kartu Kata
Bergambar terhadap Kemampuan
Membaca Pemulaan . Mimbar
Ilmu , 2.
Hermawan, D., & Silawati, D. (2019).
Model Pembelajaran Apresiansi
Kajian Sastra terpadu Untuk
Penguasaan Empat Aspek Keterampilan berbahasa. Bahasa,
sastra Indonesia dan Pengajaran .
Hikmah, N. (2020). Pengebangan Media
Pop-Up Book Pada Materi Siklus
Air di kelas V SD Negeri 04
Puding Besar . Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah asar , 142.
Huduni, A., Affandi, H. L., & Nisa, K.
(2022). Analisis kesulitan siswa
dalam membaca pemulaan di
kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Ilmiah
Profesi Pendidikan .
Muhyidin, & ddk. (2018). Metode
pembelajaran membaca
danmenulis permulaan di kelas
awal. Jpsd , 32.
Nurdyansyah. (2019). Media
Pembelajaran Inovatif. UMSIDA
prees.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P., &
Wagiu, E. B. (2020).
Pengembangan Media
Pebelajaran . Medan Yayasan Kita
Menulis .
Putri, M., & Murjainah. (2023).
Pengembangan Media Kartu Kata
Bergambar untuk Keterampilan
membaca permulaan pada siswa
kelas 1 SD. Review pendidikan
dasar .
Rahma, M., & Febrina, D. (2021).
Analisis kesulitan membaca
permulaan siswa kelas 1 sekolah
dasar. pendidikan, sosial, dan
agama .
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media
Kartu Kata Bergambar Untuk
Mengembangkan Kemampuan
Bergambar Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berbahasa Anak di
Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar
Bandar Lampung. Uin Raden
Intan lampung.
Teni, E. (2019). Meningkatkan
Kemampuan Membaca
Permulaan Menggunakan Media
Kartu Kata BergambarPada Siswa
Kelas 1 Sekolah Dasar .
Pembelajaran Prospektif.
Wibowo, M. (2022). Pengembangan
Media Kartu Kata Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Pemulaan Siswa Kelas
1 SDN 30 Ampenan . 47.
Zulvia, & Fahruddin. (2021).
Pengembangan media kartu kata
bergambar untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan
anak kelompok B di Ra roszaini
husna. Journal of elementary and
chidhood education .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.