Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Pemula Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Negeri 98 Palembang

Authors

  • amelia putri Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Liza Murniviyanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.27817

Keywords:

Pengembangan Media, Kartu Kata Bergambar, Membaca Pemula

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kata bergambar dalam keterampilan membaca pemula pada peserta didik kelas 1 SD yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluasi ) Penelitian dilakukan di SD Negeri 98 Palembang dan dideskripsikan secara rinci mulai dari tahap speksifikasi produk, pengembangan produk, validasi para ahli, uji coba kepada peserta didik. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 1 SD dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan tes. Hasil dari ketiga validator ahli media, materi dan bahasa pada penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata 91% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil dari respon guru, one to one, dan Small Group mendapatkan nilai rata-rata 90% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil dari soaltes peserta didik mendapatkan skor 86% dengan kriteria “sangat efektif”. Maka dapat dikatakan produk yang telah dikembangkan dari hasil didapatkan bahwa media kartu kata bergambar untuk keterampilan membaca pemula pada peserta didik kelas 1 SD yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar dan membantu guru maupun peserta didik dalam mencapainya tujuan pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W. S. (2020). Pengembangan

media pembelajaran kartu kata

bergambar (Flash Card) untuk

melatih kemampuan membaca

permulaan kelas 1 SD/MI.

Pendidikan guru madrasah

ibtiday.

Gading, I., Magta, M., & Pebrianti, F.

(2019). Pengaruh Metode Suku

Kata Dengan Media kartu Kata

Bergambar terhadap Kemampuan

Membaca Pemulaan . Mimbar

Ilmu , 2.

Hermawan, D., & Silawati, D. (2019).

Model Pembelajaran Apresiansi

Kajian Sastra terpadu Untuk

Penguasaan Empat Aspek Keterampilan berbahasa. Bahasa,

sastra Indonesia dan Pengajaran .

Hikmah, N. (2020). Pengebangan Media

Pop-Up Book Pada Materi Siklus

Air di kelas V SD Negeri 04

Puding Besar . Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah asar , 142.

Huduni, A., Affandi, H. L., & Nisa, K.

(2022). Analisis kesulitan siswa

dalam membaca pemulaan di

kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Ilmiah

Profesi Pendidikan .

Muhyidin, & ddk. (2018). Metode

pembelajaran membaca

danmenulis permulaan di kelas

awal. Jpsd , 32.

Nurdyansyah. (2019). Media

Pembelajaran Inovatif. UMSIDA

prees.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P., &

Wagiu, E. B. (2020).

Pengembangan Media

Pebelajaran . Medan Yayasan Kita

Menulis .

Putri, M., & Murjainah. (2023).

Pengembangan Media Kartu Kata

Bergambar untuk Keterampilan

membaca permulaan pada siswa

kelas 1 SD. Review pendidikan

dasar .

Rahma, M., & Febrina, D. (2021).

Analisis kesulitan membaca

permulaan siswa kelas 1 sekolah

dasar. pendidikan, sosial, dan

agama .

Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media

Kartu Kata Bergambar Untuk

Mengembangkan Kemampuan

Bergambar Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berbahasa Anak di

Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar

Bandar Lampung. Uin Raden

Intan lampung.

Teni, E. (2019). Meningkatkan

Kemampuan Membaca

Permulaan Menggunakan Media

Kartu Kata BergambarPada Siswa

Kelas 1 Sekolah Dasar .

Pembelajaran Prospektif.

Wibowo, M. (2022). Pengembangan

Media Kartu Kata Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Membaca Pemulaan Siswa Kelas

1 SDN 30 Ampenan . 47.

Zulvia, & Fahruddin. (2021).

Pengembangan media kartu kata

bergambar untuk meningkatkan

kemampuan membaca permulaan

anak kelompok B di Ra roszaini

husna. Journal of elementary and

chidhood education .

Downloads

Published

2025-08-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>