PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SAINS MAPEL IPAS BERBASIS APLIKASI KAHOOT TERHADAP LITERASI SISWA SD

Authors

  • Nabila Dwi Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian PGSD Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum PGSD Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21098

Keywords:

Pengembangan, Kahoot, Bahan Ajar, Kelas 3 SD

Abstract

Pendidikan adalah semua upaya yang dilakukan untuk membantu anak-anak dalam masyarakat tumbuh menjadi orang-orang yang memiliki kekuatan keagamaan, kemandirian, kecerdasan, akhlak mulia, dan pengendalian diri. Tujuan penenitian ini untuk mengembangkan bahan ajar materi tentang mari kenali hewan di sekitar kita berbantuan aplikasi Kahoot di kelas 3 SD yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, analyze (analisis), design (perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian tentang kevalidan bahan ajar berdasarkan validasi ahli materi adalah 88,57% (sangat valid), validasi ahli bahasa adalah 80% (valid), hasil validasi media adalah 89% (sangat valid), validasi praktis 95,5% (sangat praktis) dan validasi efektif 88,3% (sangat efektif). Lalu penilaian angket respon siswa small grup adalah 99% dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini juga mengukur keefektifan bahan ajar semesta sains yang dikembangkan. Terlihat dari pretest dan posttest untuk mengukurnya dengan uji coba lapangan mendapatkan nilai rata-rata 88,3% dan dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa bahan ajar semesta sains berbantuan aplikasi kahoot sangat layak untuk digunakan. Hasil penelitian analisis dari respon guru dan siswa mendapatkan rata-rata sebesar 89,58% dengan kategori sangat praktis dan mendapatkan nilai 88,3% dengan kategori sangat efektif. Hal tersebut menunjukan bahwa bahan ajar semesta sains berbantuan aplikasi kahoot materi mari kenali hewan disekitar kita yang dikembangkan praktis dan efektif tanpa revisi juga sangat praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, M. F., Irfandi, & Yuhelman, N. (2023). Pengembangan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 42-46.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 737-756.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology, 46-50.

Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5631-5639.

Mustafidah, H., & suwarsito. (2020). Dasar-dasar metodologi penelitian. Purwokerto: UM Purwokerto Press.

Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Kajian teknologi pendidikan , 61-66.

Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4581-4586.

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran ipa. Jurnal Tawadhu, 1053-1062.

Yusuf, A. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan . Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-12-31