PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK- KANAK DI KECAMATAN KEMUNING

SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK- KANAK

Authors

  • Lia Christiani Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Andi Rahman Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31386

Keywords:

Servant leadership, budaya organisasi, kinerja guru, taman kanak- kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Kemuning. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK di Kecamatan Kemuning, dan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Demikian pula, budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, servant leadership dan budaya organisasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru TK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan yang melayani serta budaya organisasi yang kondusif memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru di jenjang pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, pengembangan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi yang positif perlu menjadi perhatian bagi kepala sekolah dan pengelola lembaga pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, M., Santoso, P. M.,

Iwanuì ssoleì $ h, I., & Anshori,

M. I. (2023). Keì $ peì $ mimpinan

yang meì $ layani meì $ nghadapi

tantangan dan manfaat

dalam eì $ ra bisnis yang

beì $ rkeì $ mbang. Juì rnal Riseì $ t

Dan Inovasi Manajeì $ meì $ n,

1(3), 224–237.

Ameì $ lia, M., & Ramadan, Z. H. (2021).

Impleì $ meì $ ntasi Peì $ ndidikan

Karakteì $ r Meì $ laluì i Buì daya

Seì $ kolah di Seì $ kolah Dasar.

Juì rnal Basiceì $ duì , 5(6),

5548–5555.

Eva, A., Budi, C., & Dharma, E.

(2019). Pengaruh Servant

Leadership terhadap Kinerja

Karyawan. Jurnal

Manajemen dan Bisnis,

5(2), 100-115

Heì $ rmawan, A., & Suì santi, Eì $ . (2023).

Peì $ modeì $ lan dan Optimasi

Peì $ nguì atan Keì $ peì $ mimpinan

Meì $ layani. Juì rnal Peì $ neì $ litian,

Peì $ ndidikan Dan

Peì $ ngajaran: JPPP, 4(3),

232–250.

Muì kaddamah, I. (2023). Peì $ ran

keì $ pala seì $ kolah dalam

meì $ ningkatkan kineì $ rja guì ruì .

Jouì rnal of Innovation Reì $ seì $ arch

and Knowleì $ dgeì $ , 2(9), 3677–

3690

Purwoko, S. (2020). Pengaruh

kepemimpinan kepala

sekolah, komitmen guru,

disiplin kerja guru, dan

budaya sekolah terhadap

kinerja guru SMK. Jurnal

Akuntabilitas Manajemen

Pendidikan, 6(2), 150-162.

Suì ryana, C., & Iskandar, S. (2022).

Keì $ peì $ mimpinan keì $ pala

seì $ kolah dalam meì $ neì $ rapkan

konseì $ p meì $ rdeì $ ka beì $ lajar di

seì $ kolah dasar. Juì rnal

Basiceì $ duì , 6(4), 7317–7326.

Reì $ tnasari, L., Pratomo, M. I., Irayanti,

I., Istianah, A., Hariyanti, H., &

Sari, B. I. (2023). Impleì $ meì $ ntasi

Karakteì $ r Inteì $ gritas Beì $ rbasis

Buì daya Seì $ kolah pada Peì $ seì $ rta

Didik Uì sia Dini. Muì rhuì m: Juì rnal

Peì $ ndidikan Anak Uì sia Dini, 4(1),

187–200

Tanjuì ng, R., Hanafiah, H., Arifuì din,

O., & Muì lyadi, D. (2021).

Kompeì $ teì $ nsi manajeì $ rial

keì $ pala seì $ kolah dalam

meì $ ningkatkan kineì $ rja guì ruì

seì $ kolah dasar. JIIP-Juì rnal

Ilmiah Ilmuì Peì $ ndidikan,

4(4), 291–296.

Downloads

Published

2025-07-31

Most read articles by the same author(s)