PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK- KANAK DI KECAMATAN KEMUNING
SERVANT LEADERSHIP DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK- KANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31386Keywords:
Servant leadership, budaya organisasi, kinerja guru, taman kanak- kanakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership dan budaya organisasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Kemuning. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK di Kecamatan Kemuning, dan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Demikian pula, budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan, servant leadership dan budaya organisasi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru TK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan yang melayani serta budaya organisasi yang kondusif memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru di jenjang pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, pengembangan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi yang positif perlu menjadi perhatian bagi kepala sekolah dan pengelola lembaga pendidikan anak usia dini.Downloads
References
Alia, M., Santoso, P. M.,
Iwanuì ssoleì $ h, I., & Anshori,
M. I. (2023). Keì $ peì $ mimpinan
yang meì $ layani meì $ nghadapi
tantangan dan manfaat
dalam eì $ ra bisnis yang
beì $ rkeì $ mbang. Juì rnal Riseì $ t
Dan Inovasi Manajeì $ meì $ n,
1(3), 224–237.
Ameì $ lia, M., & Ramadan, Z. H. (2021).
Impleì $ meì $ ntasi Peì $ ndidikan
Karakteì $ r Meì $ laluì i Buì daya
Seì $ kolah di Seì $ kolah Dasar.
Juì rnal Basiceì $ duì , 5(6),
5548–5555.
Eva, A., Budi, C., & Dharma, E.
(2019). Pengaruh Servant
Leadership terhadap Kinerja
Karyawan. Jurnal
Manajemen dan Bisnis,
5(2), 100-115
Heì $ rmawan, A., & Suì santi, Eì $ . (2023).
Peì $ modeì $ lan dan Optimasi
Peì $ nguì atan Keì $ peì $ mimpinan
Meì $ layani. Juì rnal Peì $ neì $ litian,
Peì $ ndidikan Dan
Peì $ ngajaran: JPPP, 4(3),
232–250.
Muì kaddamah, I. (2023). Peì $ ran
keì $ pala seì $ kolah dalam
meì $ ningkatkan kineì $ rja guì ruì .
Jouì rnal of Innovation Reì $ seì $ arch
and Knowleì $ dgeì $ , 2(9), 3677–
3690
Purwoko, S. (2020). Pengaruh
kepemimpinan kepala
sekolah, komitmen guru,
disiplin kerja guru, dan
budaya sekolah terhadap
kinerja guru SMK. Jurnal
Akuntabilitas Manajemen
Pendidikan, 6(2), 150-162.
Suì ryana, C., & Iskandar, S. (2022).
Keì $ peì $ mimpinan keì $ pala
seì $ kolah dalam meì $ neì $ rapkan
konseì $ p meì $ rdeì $ ka beì $ lajar di
seì $ kolah dasar. Juì rnal
Basiceì $ duì , 6(4), 7317–7326.
Reì $ tnasari, L., Pratomo, M. I., Irayanti,
I., Istianah, A., Hariyanti, H., &
Sari, B. I. (2023). Impleì $ meì $ ntasi
Karakteì $ r Inteì $ gritas Beì $ rbasis
Buì daya Seì $ kolah pada Peì $ seì $ rta
Didik Uì sia Dini. Muì rhuì m: Juì rnal
Peì $ ndidikan Anak Uì sia Dini, 4(1),
187–200
Tanjuì ng, R., Hanafiah, H., Arifuì din,
O., & Muì lyadi, D. (2021).
Kompeì $ teì $ nsi manajeì $ rial
keì $ pala seì $ kolah dalam
meì $ ningkatkan kineì $ rja guì ruì
seì $ kolah dasar. JIIP-Juì rnal
Ilmiah Ilmuì Peì $ ndidikan,
4(4), 291–296.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.