PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS IV SD

Authors

  • Elpeni Dwi Azahara Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9469

Keywords:

Media miniatur budaya sumatera selatan, keragaman budaya negaraku, pembelajaran PKn di sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media miniatur budaya sumatera selatan pada pembelajaran PPKN di kelas IV yang valid, (2) menghasilkan produk media miniatur budaya sumatera selatan pada pembelajaran PPKN di kelas IV yang praktis. Analisis kebutuhan pada penelitian ini yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan media pembelajaran yang terbatas seperti gambar saja yang belum bervariasi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Palembang dengan jumlah sebanyak 25 orang siswa. Kriteria kualitas Media Miniatur Budaya Sumatera Selatan Pada Pembelajaran PPKN di Kelas IV SD dapat dilihat dari hasil validasi oleh para ahli, Bapak David Budi Irawan, M.Pd 86,07%, Bapak Aldora Pratama, M.Pd 88,63%, Bapak Adrianus Dedy, M.Pd 91,87% dan Ibu Ernawati 91,58% dan media di kategorikan sangat valid, validasi praktis 86,80% dari angket siswa dan angket respon guru dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa media miniature budaya sumatera selatan pada pembelajaran PPKN di kelas IV SD sangat layak gunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASSIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 587.

Batubara, H. H. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN EFEKTIF. Semarang: Fatawa Publishing.

Irwan, & Hasnawi. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 236.

Luthfiyanti, F., & Sukmawarti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR RUMAH ADAT MELAYU LANGKAT PADA PEMBELAJARAN BANGUNGEOMETRI. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA Vol 6 No 2 January 2022, 62.

Normina. (2017). Pendidikan Dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No.28 Oktober 2017, 27.

Permana, P., Aryaningrum, K., & Dedy, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 UJUNG TANJUNG. Wahana Didaktika Vol. 18 No.3 September 2020 : 357-365, 358.

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2018). Pengantar Pendidikan. Penerbit RINEKA CIPTA.

Trisiana, A. (2020). PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 10, Nomor 02 November 2020, 34.

Downloads

Published

2023-08-06