PENGEMBANGAN MODUL KERASOSBUD NUSANTARA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD

Authors

  • Desi Dwi Safitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Kiki Aryaningrum Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9471

Keywords:

Modul Kerasosbud Nusantara, Keragaman Sosial Budaya Nusantara.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul kerasosbud nusantara muatan keragaman sosial budaya nusantara pada siswa kelas V SD yang valid dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Palembang dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Kriteria kualitas modul IPS materi keragaman sosial budaya nusantara yang dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi, media dan bahasa. Hasil Kevalidan modul berdasarkan validasi ahli materi sebesar 90,32% dikategorikan sangat valid, validasi ahli media sebesar 82,80% dikategorikan sangat valid, validasi ahli bahasa sebesar 86,29% dikategorikan sangat valid, validasi oleh Pendidik sebesar 88,30% dikategorikan sangat valid dan validasi keefektifan 81,81% dikategorikan sangat efektif. Lalu penilaian angket respon siswa adalah 87% dikategorikan sangat baik, kemudian penilaian angket respon guru adalah 86% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan yang telah dipaparkan bahwa modul IPS muatan keragaman sosial budaya nusantara sangat layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 294.

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Jurnal of Islamic Education Studies Vol.2 No.2, 197.

Fauziah, N. N., Lestari, R., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pengembangan Pendidikan IPS di Indonesia pada Tingkat Sekolah Dasar. AR-RIAYAH Jurnal Pendidikan Dasar Vol.6, No. 1, , 98 & 99.

Fransisca, S., & Putri, M.Kom, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi Rfid Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 73.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator : Directory of Elementary Education Jurnal, 165.

Idad Suhada, M.Pd., D. H. (2019). Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M,, S., Safitri, A., & Kabiba. (2020). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) VoL. 1 No. 3, 121.

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Dunia Pendidikan. Chonologia, 39.

Ramdhan, T. W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural. Jurnal Piwulang, Vol. 1 No. 2, 124.

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen dan Keguruan, 94, 96 & 97.

Sakdiyah, S. H., & Triwahyudianto. (2022). Pengembangan Modul IPS Tema Keragaman Budaya Bangsaku Berbasis Pendekatan Sosial. Journal Education Research and Development, 65.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 45.

Sari, W. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi IPS Untuk Mengenal Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, dan Agama. Originality Report, 5.

Sugiono, P. D. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Wardani, N. D. (2020). Media Soya Adventure Nusantara Berbasis Android Pada Materi Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Media Soya Adventure Nusantara, 510.

Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick And Carey Dan Menggunakan Concept Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Sampang. Jurnal Education and developmenr, 176.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 96.

Downloads

Published

2023-08-06