PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7782Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi ekosistem. Penelitian merupakan peenlitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, angket dan tes. Data dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial meliputi independent t test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap motivasi, hasil belajar, dan berpengaruh secara simultan terhadap keduanya.Downloads
References
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Anisa, E. N., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 139651.
Aqib, Z. (2016). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya
Lancaster, R. W. (2017). A Comparison of Student-Centered and Teacher-Centered Learning Approaches in One Alternative Learning Classroom Environment. Arkansas State University.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 9-17.
Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 96-102.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Cetakan I. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.