PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM

Authors

  • Aswan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Evi Ristiana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning  terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi ekosistem. Penelitian merupakan peenlitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, angket dan tes. Data dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial meliputi independent t test dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning  berpengaruh terhadap motivasi, hasil belajar, dan berpengaruh secara simultan terhadap keduanya.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Makassar

     

Evi Ristiana, Universitas Muhammadiyah Makassar

   

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Anisa, E. N., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 139651.

Aqib, Z. (2016). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: Yrama Widya

Lancaster, R. W. (2017). A Comparison of Student-Centered and Teacher-Centered Learning Approaches in One Alternative Learning Classroom Environment. Arkansas State University.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 3(1), 9-17.

Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 96-102.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Cetakan I. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2).

Downloads

Published

2023-05-26