PENTINGNYA PENANAMAN NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Baiq Nada Buahana Universitas Mataram
  • Aulia Dwi Amalina PGPAUD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14046

Keywords:

anak usia dini, karakter, pendidikan moral

Abstract

Menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini memiliki dampak besar pada mereka berperilaku saat ini dan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur. Penelitian ini menganalisis literatur dan menemukan sebanyak 27 artikel tentang nilai moral. Penelitian ini menggunakan literatur yang terkait untuk membantu dalam proses pengumpulan data; teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Menurut penelitian ini, pendidikan moral pada usia dini sangat penting untuk membangun individu yang bertanggung jawab dan bermoral karena membangun dasar moral yang kuat, meningkatkan empati, dan membentuk sikap positif terhadap orang lain. Selain itu, mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak-anak membantu mereka membuat keputusan moral dan memahami apa yang benar dan salah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Buku Dongeng Karakter Utama Anak Usia Dini Seri Taat Beragama. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 189-199. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.59

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119-129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Ardin, F. N., Indihadi, D., & Rahman, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Menulis Pada Anak Usia Dini Di Ra Ath-Thoha Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 15-23. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27193

Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73-86.

Damayanti, E. (2020). Metode Bermain Berperan Dalam Perkembangan Moral Anak. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 90-100. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17096

Didik Supriyanto. (2015). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak. Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Dan Pendidikan Keagamaan Orangtua, 3(Maret), 1-20. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67https://doi.org/10.21831/jpa .v1i2.3018

Fitri, A. E. (2019). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 4(2), 112-122. https://doi.org/10.32505/azkiya.v4i2.1191

Hermansyah, A. K., Suyono, & Hasanah, M. (2017). Desain Pembelajaran untuk Mengenalkan Nilai-nilai Moral Kemanusiaan melalui Bermain Peran. Jurnal Edukasi, 4(1), 38-42. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5089

Hermuttaqien, B. P. F., & Mutatik, M. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(1), 3945.https://doi.org/10.21067/jmk.v3i1.2645

Indah, K,. D. (2021). Penanaman nilai moral pada anak usia dini oleh orang tua dalam keluarga di jorong koto alam. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 56-65.

Kuswanto, A. V. (2020). Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. 4197. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712

Partikasari, R., Nurwita, S., & Uliya, N. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Di Paud Al-Anisa Kelompok B Bentiring Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.975

Sukmana, H. (2020). Pengembangan Media Edukasi Boneka Tangan Sebagai Stimulasi Moral Pada Anak Usia Dini. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 9-18.

Wahyuni, S., & Nuraini. (2019). Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 78-87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3350

Yusnita, N. C., & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126.

Downloads

Published

2024-06-09