ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Marcelina Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas Angger Wardhani PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussa’idah PGSD FIP Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13656

Keywords:

Pembelajaran IPS, Keterampilan Kolaborasi, Sekolah Dasar

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS mengakibatkan pemahaman yang minim dan kurangnya keterampilan kolaborasi yang diterapkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kramat 06 Pagi menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi, seperti kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS. Siswa dan guru mengungkapkan pengalaman, persepsi, dan pemahaman mereka tentang keterampilan kolaborasi melalui interaksi dalam konteks pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan dan diperkuat dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kramat 06 Pagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–120. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.27

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Harahap, M., & Mayasari Siregar, L. (2018). MENGEMBANGKAN SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN.

Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25

Sari, P. I., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 544. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37697

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). KONSTRUKSI MAKNA KUALITAS HIDUP SEHAT (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). 2(1), 1. http://ojs.stiami.ac.id

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Downloads

Published

2024-05-20

Most read articles by the same author(s)