ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Niana Indriyana Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussa’idah PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
  • Prayuningtyas Angger WardhaniIndah PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13905

Keywords:

Higher Order Thinking Skills, Learning, Literature study., Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran, Studi Literatur.

Abstract

This research was carried out to determine students’ high-level thinking abilities in ntural Science lessons in elementary schools. In this ever-growing 21st century, students need abilities in learning, namely high-level thinking, students must applys cience learning based on Higher Order Thinking Skills (HOTS), which is a student thinking process with a higher cognitive level developed from various learning taxonomy concepts such as Bloom’s taxonomy, learning taxonomy, teaching and assessment. The aim of students implementing HOTS is to improve students’ ability to think critically at a higher level. This type of research is qualitative research using the literature study method. The result is that implementing HOTS-based learning in high school elementary schools trains students abilities to think critically, creatively, and solve their own problems with the knowledge they have. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Dalam abad 1 yang terus berkembang ini, siswa membutuhkan kemampuan dalam pembelajaran yaitu cara berpikir tingkat tinggi, maka siswa harus menerapkan pembelajaran IPA berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang merupakan proses berfikir siswa dengan level kognitif yang lebih tinggi yang dikembangkan dari berbagai konsep taksonomi pembelajaran seperti taksonomi Bloom, taksonomi pembelajaran, pengajaran dan penilaian. Tujuan dari siswa menerapkan HOTS, yaitu agar meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis pada level yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Hasilnya dengan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS di SD kelas tinggi melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah sendiri dengan pengetahuan yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., Zamroni. (2018). Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nugroho, A. (2021). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi) Edisi Revisi. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.

Jurnal :

Abraham, Irfan, Awaludin Tjalla, and Richardus Eko Indrajit. “HOTS (High Order Thingking Skill) dalam Paedagogik Kritis.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5.3 (2021).

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170.

Dilah, S. (2023). Peran Pembelajaran IPA Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) DI SD Kelas Tinggi Era Society 5.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3197-3208.

Enrayanto, Herman Yosep Sunu. “Strategi Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Yogyakarta: PT Kanisius, 2021.

Kurniawan, A., Wahyuni, S., Sugiyatmi, A., Pratiwi, V. U., & Nugrahani, F. (2024). Learning Strategy Oriented to High Order Thinking Skills (HOTS). J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 4(1), 44-53.

Kurniawati, Rissa Prima, and Fida Rahmantika Hadi. “Pelatihan Pengembangan instrumen evaluasi berbasis HOTS untuk guru Sekolah dasar.” Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1.4 (2021): 267-276.

Lasut, C. W. (2022). Penerapan HOTS Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 2(3), 307-319.

Mahendra, A. D. (2023). Perbedaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Protista Menggunakan Model Conflict Cognitive Dan Constructivist Collaborative.

Putri, Astrini Eka. Model Penilaian Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Sejarah. Klaten: Lakeisha, 2021.

Qiftiyah, M. (2023). Muatan HOTS pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 28-38.

Rohmawati, Desi. “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” (2021).

Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2022). Urgensi Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9350-9356.

Ulum, Anifa Rosari. “Pengembangan Assesment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema 6 Kelas V SD/MI.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Viviang, Tiara, Susilawati Susilawati, and Syaripah Syaripah. Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOST) pada Sekolah Dasar. Diss. Institut Agama Islam Negeri Curup, 2020.

Wahyuni, Ketut Sri Puji, I. Made Candiasa, and I. Made Citra Wibawa. “Pengembangan E-LKPD berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi Mata pelajaran tematik kelas IV sekolah dasar.” PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 5.2 (2021): 301-311.

Zebua, N. (2024). Studi Literatur: Peranan Higher Order Thinking Skills Dalam Proses Pembelajaran. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 92-100.

Downloads

Published

2024-06-03

Most read articles by the same author(s)