ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER DALAM BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14794Abstract
Dalam proses pembelajaran, siswa slow learner membutuhkan banyak waktu dan perhatian lebih pada proses penyampaian materi. dari itu, diperlukan penerapan Pembelajaran. Salah satu jenis upaya dalam serangkaian pembelajaran adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang mempertimbangkan kebutuhan siswa dalam hal kesiapan belajar, profil belajar, minat dan bakat. Tujuan dari penelitian ini untuk Memahami secara mendalam pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada pemahaman matematika anak slow learner. Penelitian ini merupakan penelitian case study dengan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa slow learner kelas 4 yang berinisial F. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa slow learner tidak memenuhi standar pembelajaran. Seperti pemenuhan dalam media pembelajaran, teknik mengajar, dan evaluasi pembelajaran.Downloads
References
Ramadhani, A. D. R. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR SISWA TERKAIT DENGAN SLOW LEARNING DI SDN 06 SUWAWAL JEPARA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG).
Yati Ningsih, R. (2019). Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Slow Learners dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 158 Seluma (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379.
Sholihin, K. F., & Ibrahim, I. (2023). Analisis Pemenuhan Gaya Belajar Peserta Didik Slow Learner dalam Belajar Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(4), 306-315.
Sakiinatullaila, N., Priyanto, M., Fajar, W., & Ibrahim, I. (2020). Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Slow Learner. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 151-162.
Marantika, J. E., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas. German für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1-8.
Dewi, Y., Januar, H., Nuvitalia, D., & Hartati, H. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Antusiasme Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Pedurungan Lor 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4574-4581.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646.
Ardini, N. (2018). KARAKTERISTIK SISWA SLOW LEARNER DI SDN SANGGRAHAN KULON PROGO. BASIC EDUCATION, 7(31), 3-027.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.