PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT KELAS VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14347Keywords:
Papan Garis Bilangan, Soal Cerita, Bilangan BulatAbstract
Bilangan bulat adalah salah satu materi matematika yang diajarkan di kelas VI Sekolah dasar. Materi ini sering dianggap sulit oleh peserta didik dikarenakan konsep materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan garis bilangan untuk meningkatkan pemahaman soal cerita pada materi bilangan bulat untuk peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Petamburan 03 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan prosedur model pengembangan ADDIE yaitu Anaylisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya terbatas pada analisis kebutuhan. Instrument yang digunakan yaitu angket oleh 26 peserta didik kelas 6 dan wawancara dengan guru kelas 6. Berdasarkan hasil temuan yang didapatkan dari pengisian angket dan wawancara adalah 50% peserta didik masih merasa kesulitan dan ketakutan terhadap pembelajaran matematika khusunya pada materi bilangan bulat. Pembelajaran matematika memerlukan media pembelajaran yang menyenangkan sesuai karakteristik peserta didik untuk menunjang pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pegembangan media pembelajaran papan garis bilangan pada materi bilangan bulat diperlukan untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan soal cerita.Downloads
References
Albar, M., & Khoiriyah, S. (2021). Pengembangan Media Pagabil (Papan Garis Bilangan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Bulat Siswa Kelas Iv Mi Miftahul Huda Ngasem.
Ali, M. (2023). Permainan Panbilbul meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 71–78. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1134
Arigunawan, I. M. W., Sukajaya, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(1), 19-31.
Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349-357.
Astawan, IG (2021). Pengembangan media game edukasi edukasi bilangan bulat berbasis android pada kelas vi sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia , 11 (1), 16-25.
Badriyah, B. (2020). Pengembangan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas VI (Doctoral Dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap).
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 323-330.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Mustika, D. L. O., Soleh, D. A., & Supriatna, A. R. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Operasi Bilangan Bulat pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 68-78.
Nurdiyanti, S., Mulyadi, M., & Fatimah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Bilangan Bulat Berbasis Android pada Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2).
Nurlaela, N., Usman, H., & Yarmi, G. (2023). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Berbasis Quizizz dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 140-149.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rahmah, S. M., & Bahri, S. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva Pada Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Dikelas IV SD Negeri 108075 Kec. Deli Tua. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 1-9.
Sari, TKA (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash di SD Negeri 4 Metro Barat (Disertasi Doktor, IAIN Metro).
Usman, H., & Suminar, RR (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) , 2 (3), 337-348.
Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Herlina, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289
Yamin, M., & Yamin, M. (2019). Deskripsi kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas viii smp negeri 1 tellusiattinge kabupaten bone (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto, H. (2019, November). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Bilangan Bulat. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii (Vol. 1, No. 1, pp. 7-14).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.