ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13801Keywords:
Berpikir kritis, IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Rambutan 03 Pagi dalam pembelajaran IPA, untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam berpikir kritis serta faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Rambutan 03 Pagi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kekuatan siswa dalam dalam berpikir kritis yaitu kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan, kemampuan siswa untuk berpikir kreatif, kemampuan untuk bekerja sama serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Kelemahan siswa dalam berpikir kritis adalah kesulitan dalam mengidentifikasi masalah, kesulitan dalam menganalisis informasi, kesulitan dalam menarik kesimpulan serta kesulitan dalam mengevaluasi argumen. Adapun faktor yang memengaruhi pengembangan berpikir kritis siswa yaitu faktor internal seperti motivasi, minat, kemampuan kogintif dan kepercayaan diri siswa dan faktor eskternal berhubungan dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, ketersediaan sumber belajar serta dukungan dari orang tua dan guru.Downloads
References
Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Cahyaningsih, S., & Harun, H. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak. 7(5), 5481–5494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034
Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati. 05(02), 5883–5891.
Meningkatkan, D., & Belajar, H. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. (November), 289–302.
Nuraida, D. (2019). The Role of Teachers in Developing Students’ Critical Thinking Skills in the Learning Process. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.
Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.