ANALISIS PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR KELAS V

Authors

  • Putri Nur Fadhilah Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Wardatussaidah
  • Prayuningtyas Angger Wardhani

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13780

Abstract

Model pembelajaran berbasis STEM merupakan pendekatan pembelajaran inovatif yang berfokus pada sains, teknologi, teknik, dan matematika. Pembelajaran berbasis STEAM juga dapat dikaitkan dengan kebutuhan pengembangan keterampilan abad 21 bagi peserta didik yakni keterampilan critical thinking, creativity, collaboration, dan communication. Metode penelitian literature review adalah suatu cara penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. penulis membatasi aspek waktu publikasi artikel dimulai dari tahun 2018 hingga 2024 dalam kurun waktu 5 (sepuluh) tahun terakhir. penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar belum dilaksanakan dengan maksimal karena masih ada pembelajaran IPA di lingkungan sekolah dasar masih menggunakan media konvensional (tidak sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini), seperti papan tulis dan buku cetak serta masih minimnya penggunaan media pembelajaran digital.   Kata Kunci: Pendekatan STEAM,Pembelajaran IPA dan Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368-375.

DeCoito, I. (2014). Focusing on science, technology, engineering, and mathematics (STEM) in the 21st century. Ontario Professional Surveyor, 57(1), 34-36.

Haderiah, H., Hasan, K., & Alamsyah, H. (2022). Penerapan pendekatan STEAM dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 165-172.

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310-318.

HAIRUL, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Dengan Pendekatan Stem Berbasis Schoology Pada Materi Fluida Statis Sma Klas Xi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mabsutsah, N., & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205-213.

Mariyana, N. S. A., & Usman, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA melalui Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Adi Widya Pasraman. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 888-895.

Rodiana, S. O. (2022). INFUTPEDIA: Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah di Indonesia. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 135–143. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1119

Shabrina, S. Z., & Sholihah, H. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 209-216.

Downloads

Published

2024-06-01

Most read articles by the same author(s)