PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 MUARA PADANG

Authors

  • Afifah Nuralifiya Laili ANL
  • Rohana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10511

Keywords:

model pembelajaran make a match berbantuan media diorama, kemampuan pemahaman siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media diorama terhadap pemahaman materi IPA siswa kelas IV SD Negeri 10 Muara Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan tipe desain Posttest Only Control Design dengan seluruh sampel yang berjumah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Sample Random Sampling yang dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan cara undian atau acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda berjumlah 13 soal. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil akhir analisis data kelas ekseperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang lebih rendah yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 88,50 sedangkan kelas kontrol 74,00. Dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan t tabel yaitu 0,05 maka nilai sig. (2-tailed) ≤ t tabel atau 0,000 ≤ 0,05. Artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media diorama terhadap pemahaman materi IPA siswa kelas IV SD Negeri 10 Muara Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Dahliah. (2023). Model Pembelajaran Sains Berbasis Alquran di Sekolah Dasar. Bojong Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Khairiyah, U. (2022). To Be Fun TeacherL. Lamongan: Nawa Litera Publishing.

Kusnaedi, T., Kesumawati , N., & Dedy, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sd Negeri Tri Mulya Agung . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri .

Mandagi, M., Naajoan, R., Kurniawati, R., Rosamah, E., Supriyantono, A., Zuyasna, et al. (2020). Book Chapter Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Prasityo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Dididk dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang2. Surakarta: CV. Kekata Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Produksi Manusia. Surakata: Unisri Press.

Sutowijoyo. (2020). Manajemen Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pendekatan Saintifik. Malang: Literasi Nusantara.

Syarifah. (2022). Memahami Kesetaraan dan Harmoni Sosial Melalui Model Discovery Learning. Bekasi: Mikro Media Teknologi.

Ulvia, Safiah, & Fitriani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 62 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.

Downloads

Published

2023-11-03