PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GENDER PADA SD NEGERI 143 PALEMBANG

Authors

  • Adella Adistania Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9481

Keywords:

PMRI, Kemampuan Komunikasi Matematis, Gender.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gender Pada SD Negeri 143 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekseperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa di SD Negeri 143 Palembang yang berjumlah 752 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang yang menggunakan pendekatan eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang yang menggunakan pendekatan konvensional. Dalam pengambil sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Kesimpulan dari hasil penelitian: 1. Terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD Negeri 143 Palembang. 2. Tidak terdapat perbedaan yang  rata-rata kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender siswa SD Negeri 143 Palembang. 3. Tidak terdapat interaksi  yang antara pendekatan pembelajaran dan gender terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SD Negeri 143 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathani Halim Abdul. (2014). MATEMATIKA HAKIKAT & LOGIKA (A. Q. Shaleh (ed.); Cetakan II). Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2018). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (S. Hadi (ed.); Cetakan 2). PT. RajaGrafindo Persada.

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2021). PENGANTAR STATISTIKA PENELITIAN (N. Kesumawati, A. M. Retta, & N. Sari (eds.); Cetakan ke). PT. RajaGrafindo Persada.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (Anna (ed.); Cetakan 3). PT. Refika Aditama.

Ovan. (2022). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA (Ovan (ed.); Cetakan 1). KENCANA.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS (I. P. A. A. Payadnya & I. G. A. N. T. Jayantika (eds.); Cetakan ke). CV BUDI UTAMA.

Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). KEMAMPUAN-KEMAMPUAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN INSTRUMENNYA (F. Nuraeni (ed.); Ke 1). UPI Sumedang Press.

REALISTIK(U. Hasanah (ed.); Cetakan 1). CV. Reka Karya Amerta (Rekarta).

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme (A. Rokhmansyah (ed.)). Garudhawaca.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Setiyawarni (ed.); cetakan ke). ALFABETA.

Syahrum, & Salim. (2014). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media.

Utaminingsih, A. (2017). GENDER dan Wanita Karir (A. Utaminingsih (ed.); cetakan 1). UB Press.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD (A. D. Haryono (ed.); Cetakan 1). Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuliarni, H., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa di SD Negeri 87 Palembang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3148–3157. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1677

Downloads

Published

2023-08-06