PENGARUH PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V UPT SPF SDI HARTACO INDAH KECAMATAN TAMALATE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22546Keywords:
Teaching at the Right Level, Hasil Belajar, IPASAbstract
Muliana M. Yunus, 2024. Pengaruh Pendekatan Teaching at the Right Level terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPT SPF SDI Hartaco Indah Kecamatan Tamalate. Tesis. (Dibimbing oleh: Rohana dan Latang).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Untuk Mengetahui Gambaran Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level Siswa di Kelas V UPT SPF SDI Hartaco Indah Kecamatan Tamalate. Untuk Mengetahui Gambaran Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas V UPT SPF SDI Hartaco Indah Kecamatan Tamalate. Untuk Mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Penerapan Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas V UPT SPF SDI Hartaco. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di UPT SPF SDI Hartaco Indah Kecamatan Tamalate. Berdasarkan analisis data, kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan TaRL memperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 84,96, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 70,96. Perbedaan ini juga didukung oleh hasil uji statistik, di mana nilai signifikansi pada Independent Sample T-Test adalah 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. thitung 4,313 dan nilai ttabel 2,059, Hal ini berarti bahwa t hitung>t tabel (4,313 >2,059) berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Terdapat Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas V UPT SPF SDI Hartaco.Downloads
References
Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik SMP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Diakses dari https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/972/716.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhaedah, A., & M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-undang No 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada peserta didik kelas V SD Negeri 17 Parepare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 337–350. Diakses dari https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp
Septiani, N. (2016). Skripsi. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus Werkudoro Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.