ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENULIS KARANGAN SEDERHANA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nanda Putri Dewi Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto PGSD FKIP Universitas Jambi
  • Khoirunnisa PGSD FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10283

Keywords:

Kesulitan, Menulis Karangan Sederhana, Peserta Didik Kelas III SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskprisikan tingkat kesulitan peserta didik dalam menulis karangan sederhana di kelas III SD, kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menulis karangan sederhana dan cara guru dalam mengatasi kesulitan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri III/I Muara Bulian pada tanggal 8 Mei 2023 hingga 8 Juni 2023. Peneliti menggunakan menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas III dan peserta didik kelas III SD Negeri 111/I Muara Bulian. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kesulitan menulis karangan sederhana yang diberikan kepada peserta didik di kelas III sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan judul, kepaduan kalimat, pemilihan kata dan penerapan ejaan. Adapun persentase kesulitan yang dialami peserta didik yaitu: 25% subjek kesulitan pada kesesuaian judul, 21% subjek kesulitan pada kepaduan kalimat, 38% subjek kesulitan pada pemilihan kata, dan 46% subjek kesulitan pada penerapan ejaan. Cara guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam menulis karangan sederhana ialah: guru memberikan perhatian lebih terhadap peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan sederhana, guru mengarahkan peserta didik untuk membaca sebelum memulai pembelajaran, dan guru memberikan bimbingan kepada peserta didik saat jam pelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aquariza, A. (2018). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, II, 147-158.

Farhurohman, O.(2017).Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI.Primary:Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 1,23-34

Ghasya, D. A. (2022). Peningkatan Keterampilan Peserta Didik dalam Menulis Karangan melalui Penggunaan Media Flip Chart. Jurnal Tunas Bangsa, X, 44-52.

Herawati, S. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 35-44

Kemendikbud. (2022). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta

Kuntarto, E. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep Pembelajaran

Aritmatika-Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal Gantang, III, 97.

Kurniawan, N., Kuswendi, U., & Sutardi, D. (2015). Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal of Elementary Education, V, 275-282.

Nasional, D.P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Jurnal Universitas Bengkulu, 306-319.

Rizqi, M.R.(2018).Peran Media Gambar Berseri dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab.Jurnal Pendidikan Bahasa Arab,7(2),137.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30