PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA PERMULAAN: KASUS SHABIRA ALULA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20085Keywords:
Orang Tua, Keterampilan Berbicara, Kasus Shabira AlulaAbstract
Penelitian ini secara khusus berfokus pada peran orang tua sebagai fasilitator utama dalam proses berbahasa anak. penelitian ini mengangkat masalah shabira alula yang sudah pandai berbicara di usia 8 bulan, Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Penelitian ini seluruhnya didasarkan pada kajian literatur atau penelitian kepustakaan. Oleh karena itu hakikat penelitian adalah penelitian kepustakaanShabira Alula adalah seorang anak berusia 6 tahun. Pada usia 8 bulan, dia sudah berbicara dengan sangat lancar, dan berbicara dalam bahasa Indonesia yang sangat standar. Umur tersebut merupakan rentang umur yang biasanya para anak mulai berbicara atau mengucapkan satu atau dua kata. Sejak dalam kandungan Lala selalu diajak berbicara oleh ibunya, maka dari itu sejak umur 8 bulan ia mulai fasih berbicara. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara shabira alula di pengaruhi besar oleh peran kedua orang tuanya. Peran kedua orang tua lala dalam mempengaruhi bicara lala, yaitu mengajak berbicara sejak dalam kandungan, orang tua yang selalu mengajak berbicara dengan jelas, memberikan hukuman dan penghargaan, dan orang tua yang memahami karakterisitik anak agar bisa memilah parenting apa yang cocok untuk anaknya.Downloads
References
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157
Jamaludin, J. (2018). Analisa Perhitungan Dan Pemilihan Load Cell Pada Rancang Bangun Alat Uji Tarik Kapasitas 3 Ton. Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin, 2(2), 22–25. https://doi.org/10.31000/mbjtm.v2i2.2719
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703
Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397
Priendarningtyas, A. (2022). Dampak Tumpang Tindih Bahasa Ibu Dalam Perkembangan Bahasa Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 112–120. https://doi.org/10.32678/assibyan.v7i1.9840
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 32.
Rosmanti, R., & Rukiyah, S. (2023). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Literatur dalam Psikolinguistik) Language Acquisition in Children (Review of Literature in Psycholinguistics). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 320(9), 320–325. https://doi.org/10.5281/zenodo.10044663
Sari1, S. L., Devianti, R., & SAFITRI, N. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Syahputra, E., Fadlan, F., Salmanda, D., & Purba, K. N. E. (2022). Perbedaan Makna Bahasa Tulis dan Bahasa Lisan. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 227–230. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2534
Syaprizal, M. P. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal AL-HIKMAH, 1(2), 75–86.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Widiastuti, W., Ani, Y., & Munthe, A. (2020). Penyuluhan Orang Tua Dalam Mendukung Pendidikan Anak Sebagai Fasilitator Belajar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 712–719. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.777
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.