PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018

  • Yani Andriyani Gustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik dan berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan metode penyisipan dan desain penelitian quasi eksperimental design. Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 5 Cianjur. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII H berjumlah 32 peserta didik dan kelas kontrol adalah kelas VIII I berjumlah 34 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran collaborative learning dapat mengefektifkan pembelajaran dengan sangat baik; adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran collaborative learning dengan peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi dengan model pembelajaran collaborative learning lebih baik dari pada kemampuan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct Instruction); adanya dampak yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran collaborative learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik denganĀ  nilai korelasi 0.881 dan nilai signifikansi 0.000. Dengan demikian model pembelajaran collaborative learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kelas terkait dengan pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2020
How to Cite
GUSTINA, Yani Andriyani. PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-90, mar. 2020. ISSN 2615-7810. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2593>. Date accessed: 21 oct. 2020.