Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMPN 2 Kalipucang

Authors

  • Deden Nursidik

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2281

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan Menulis, Berpikir Kritis

Abstract

 Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok yaitu kemampuan siswa dalam menulis sangat rendah hal ini terlihat dari hasil KKM < 70, rendahnya daya berpikir kritis siswa hal ini terlihat dari respon siswa saat berdisukusi dan pemahaman guru tentang model pembelajaran yang dianggap kurang tepat hal ini terlihat dari guru yang masih menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan menggunakan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain penelitian quasi experimental. Quasi experimental yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest pada 60 responden yaitu 30 kelompok eksperimen dan 30 lagi kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik yang memperoleh Problem Based Learning dengan kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan peserta didik yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan model problem based learning, sehingga hipotesis teruji kebenarannya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofwan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Alwasilah, Chaedar. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Andriani, Durri. Dkk. (2013). Metode Penelitian. Universitas Terbuka.

Edward, (2007). Belajar dan Pembelajaran (Diklat). Medan: IKIP Medan.

Harsanto, Ratno. (2005). Melatih Anak Berfikir Analisis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Hosnan, (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas V SDN Blah Batu. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2 (1).

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Paul, R., dan Elder, L. (2007). Critical Thinking Competency Standards. [Online]: Tersedia: http://www.criticalthinking.org.ht ml. [25 Januari 2019]. Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samsani, Ayu. (2012). “Jurnal Penelitian “Metode Stationenlernen dalam Menulis Teks Berita Berfokus Pada Kalimat Efektif”. UPI Bandung.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Published

2021-11-28