Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Bermedia Karikatur dalam Pembelajaran Menulis Cerpen dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Cisarua Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Enden Astuti SMAN 1 Cisarua

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4409

Keywords:

Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Karikatur, Cerpen, Berpikir Kreatif

Abstract

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Namun, berdasarkan hasil studi pendahuluan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen yaitu mengalami permasalahan kesulitan mencari gagasan. Peranan model pembelajaran berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif peserta didik adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model atau desain sequential exploratory dengan kuantitatif tipe Nonequivalent Control Group Design.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan layak setelah dilakukan uji coba instrumen dan dilakukan analisis uji coba statistik (validitas dan realibilitas). Perhitungan penelitian ini  melalui uji rata-rata prates dan pascates, mengetahui nilai maksimum dan minimum dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu: (1) belajar menulis cerpen bermedia karikatur di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari model konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari model konvensional. Dengan demikian menunjukkan bahwa peserta didik berhasil menulis cerpen bermedia karikatur dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan model CTL dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Cresswell, John. (2015). Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heriawan, Adang, Darmajari dan Arif Senjaya. (2012). Metodologi Pembelajaran. Banten: LP3G.

Hidayati. (2015). Pembelajaran Menulis Essai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press Produktama.

Indrawan, R & Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Semi, A.M. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, B. Hamzah & Nurdin, Mohamad. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-11-29