Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Inggris Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.19671Keywords:
Pembelajaran Kolaboratif, Kompetensi Menulis, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi menulis bahasa Inggris pada siswa SMK Bina Mandiri Multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes kemampuan menulis sebelum dan sesudah perlakuan pada 33 siswa, serta selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis bahasa Inggris siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Siswa yang belajar melalui pendekatan kolaboratif lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran, mampu berbagi ide secara efektif, dan menunjukkan peningkatan dalam struktur kalimat, kosakata, dan tata bahasa. Penerapan pembelajaran kolaboratif terbukti efektif dalam membangun kemampuan komunikasi antar siswa dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Kesimpulannya, pembelajaran kolaboratif dapat dijadikan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi menulis bahasa Inggris siswa SMK, khususnya di SMK Bina Mandiri Multimedia.Downloads
References
Afriadi, F., & Fatih, M. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pendidikan Perguruan Tinggi, 2, 143–157.
Ahmad, V. I., Ikmal, H., Mumtahana, L., & Fatmala, E. (2021). Blended Learning Solusi Pembelajaran di Era Pandami. Nawa Litera Publishing.
Amiruddin, A. (2019). Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of Education Science, 5(1).
Ariyanti Syafitri, J. N. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI di SMK Al-Fudhola' Barurambat Timur. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Barkley, E. F. (2014). Collaborative learning techniques: a handbook for college faculty. John Wiley & Sons.
Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching (Vol. 4). Longman New York.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2023). Revisiting mixed methods research designs twenty years later. The Sage Handbook of Mixed Methods Research Design, 21–36.
Dalimunthe, L., Haryadi, R. N., & Dalimunthe, Lesnasari; Haryadi, R. N. (2022). The Effect of Learning Methods and Vocabulary Mastery on English Speaking Ability. Lingua Educationist: International Journal of Language Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54099/le.v1i1.58
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219.
Djafar, R. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa di MTsN 2 Tidore. JUANGA: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 105–116.
Haryadi, R. N. (2022). The Effect of Vocabulary Mastery and Learning Motivation towards Description Writing Ability. JEdu: Journal of English Education, 2(1), 88–94.
Mumtaza, N., Firdaus, A., & others. (2023). Analisis Penggunaan ILS Go-Labs dalam Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 2(2).
Nunan, D. (2015). Teaching English to speakers of other languages: An introduction. Routledge.
Permana, E. R., & Khalis, K. (2023). Menggali Potensi Pembelajaran Kolaboratif dalam Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SMP Al-Falah. Spacious Islamic Studies, 1(1), 15–24.
Permatasari, Y., & others. (2024). Pentingnya Test of English as a Foreign Language di Era Digital: Juliantina*, Yuni Permatasari. JPGENUS: Jurnal Pendidikan Generasi Nusantara, 2(1), 115–126.
Prihatini, I., & Wathon, A. (2021). Pembelajaran Online Dan Pengetahuan Kognitif Anak. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 140–158.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rahma, Y., Handoyo, E., Yulianto, A., Zulaeha, I., Purwati, P. D., Sumartiningsih, S., & Widiarti, N. (2024). Penggunaan Moodle untuk Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dalam Inovasi Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(2), 104–114.
Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37.
Saifuddin, R. (2021). Pengaruh Pandemi Terhadap Tata Kelola Pemerintahan; Studi Kasus Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Lampung. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 9(03), 219.
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., … others. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16.
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.
Sarmin, S. (2017). Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(1), 102–112.
Setiawan, Y., Wijaya, A., Surur, M., & Dassucik, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Keterampilan Pemecaahan Masalah Siswa SMK Negeri 1 Kendit. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 26–34.
Smagorinsky, P. (2018). Deconflating the ZPD and instructional scaffolding: Retranslating and reconceiving the zone of proximal development as the zone of next development. Learning, Culture and Social Interaction, 16, 70–75.
Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27.
Wakhudin, W., Barir, B., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Sartika, D., & Muarif, S. (2024). Model Pembelajaran Investigasion Based Scientific Collaborative (IBSC) untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 496–503.
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rofiq Noorman Haryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.