Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Karikatur dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Ayu Rohayani
  • Panca Pertiwi Hidayati

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3732

Keywords:

Model Guided Discovery, Menulis text berbasis karikatur dan anekdot, Berpikir kreatif

Abstract

Model discovery merupakan salah satu model pembelajaran yang menempatkan guru sebagai pedoman bagi siswa untuk menggali materi pembelajaran secara bertahap menuju tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dalam model penemuan terbimbing ini, siswa belajar menemukan jawaban atas masalah yang dikemukakan oleh guru dengan bimbingan intensif dari guru. Hal tersebut dapat memberikan dampak pada peningkatan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis karikatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model discovery terbimbing pada pembelajaran menulis teks anekdot berbasis karikatur dan untuk mengetahui dampaknya. terhadap meningkatnya pemikiran kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Batujajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal, lembar observasi, angket skala sikap, serta wawancara sebagai penunjang pelaksanaan penerapan model penemuan terbimbing dalam pembelajaran menulis teks anekdot berbasis karikatur dan pengaruhnya terhadap kualitas berpikir kreatif siswa. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dianalisis dengan expert judgement dan uji statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui pengujian rata-rata pretest dan posttest kelas, jumlah skor pretest dan posttest, mengetahui nilai maksimum dan minimum, dan pengujian hipotesis dengan paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dengan nilai rata-rata pretes 83,1 dan rata-rata postes 54,1. Pengaruh peningkatan kualitas terhadap berpikir kreatif siswa setelah menerapkan model penemuan terbimbing sesuai dengan hasil uji hipotesis gain, nilai probabilitas atau tanda. (2-tailed) 0,00 <0,005. Besarnya pengaruh terhadap kualitas berpikir kreatif ditunjukkan oleh hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest. Dengan demikian, model penemuan terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beetlestone, F. (2012). Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Djamarah dan Zain. (2002). http://krisbudiono.blogspot.com. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2017 pukul 08:21.

Hamalik, Oemar. (2003). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kemendikbud. (2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendibud.

Kosasih, E. (2013). Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya). Bandung: Yrama Widya.

Maharsi, Indria. (2016). Mudah dan Praktis Menggambar dengan Pensil Karikatur. Jakarta: PT Buku Seru.

Pateda, M. (1989). Analisis Kesalahan. Flores: Arnoldus.

Priyatni, E. T. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widiastuti. (2015). http://PPKM.V21.Widiastuti-Melalui-Media-Karikatur-dalam-Pembelajaran.Pdf. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2017 pukul 7:25.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/karikatur. diakses pada tanggal 29 April 2017 pukul 17:36.

http://www.zonasukses.com/blog/cara-berpikir-kreatif-dan-inovatif-dalam-bisnis/. Diakses pada tanggal 29 April 2017 pukul 17:45.

http://penelitiantindakankelas.blogspot.co.id/2012/04/laporan-ptk-sd-tentang-keterampilan.html?m=1 diakses pada tanggal 20 Agustus 2017 pukul 09:00.

Downloads

Published

2022-11-07