Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran Inkuiri Model Silver terhadap kemampuan representasi matematis baik secara keseluruhan maupun ditinjau dari kemampuan awal matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Silver tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Silver tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri Model Silver tidak berbeda secara signifikan ditinjau dari kemampuan awal matematika (atas, tengah, bawah).

Keywords

Inquiry Silver learning Mathematical Representation Ability Mathematical Problem Solving Ability

Article Details

How to Cite
Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Model Silver Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 91–101. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2656

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Matematika SMA. Jakarta: Depdiknas.
  2. Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2.(13).
  3. Hudiono, B. 2004. Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Representasi pada Siswa SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS Universitas Pendidikan Indonesia.
  4. Hutabarat. 2008. Studi Perbandingan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Kelompok Siswa yang Belajar Inkuiri dan Biasa. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
  5. Hwang. W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Tecnology & Society Journal. 10. (2): 191-212.
  6. Murni, Atma. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
  7. NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA : NCTM
  8. Polya, G. 1985. How to Solve It ; A New Aspect of Mathematics (2nd Edition). New Jersey: Pricenton University Press.
  9. Salkind, G. M. (2007). Mathematical Representation. (Online).(http://mason.gmu.edu/~gsalkind/portfolio/products/857LitReview.pdf), diakses 22 November 2012.
  10. Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing. International Reviews on Mathematical Education. (Online). (http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/ publications/zdm), diakses 28 Oktober 2013.
  11. Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung : Jurdikmat FPMIPA-UPI
  12. Sumarmo, U. 2013. Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung : Jurdikmat FPMIPA- UPI.
  13. Wahyuni, S. 2012. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Esteem Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs Universitas Pendidikan Indonesia.

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.