KEVALIDAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAMES SMART PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN MANGGIS 2

Authors

  • Cholilia Anisa Ulfa Lili Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilmawati Fahmi Imron Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9824

Keywords:

media pembelajaran, monopoli games smart, IPA SD

Abstract

Dalam pembelajaran IPA kelas IV materi pengelompokkan hewan berdasarkan makanannya membutuhkan media pembelajaran sebagai perantara supaya siswa lebih memahami materi yang dijelaskan oleh guru.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Monopoli Games Smart pada mata pelajaran IPA. Peneliti menguji kevalidan dari media tersebut. Penelitian ini dilakukan di SDN Manggiss 2 Kabupaten Kediri. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (Analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasilpenelitian diperoleh dari validasi ahli media dengan skor 84% dan dari ahli materi memperoleh skor 82% yang kemudian dinyatakan dengan skor rata-rata yaitu 83%. Media Monopoli Games Smart ini telah memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Frans Aditia Wiguna , Universitas Nusantara PGRI Kediri

 

References

Ardhani, A.D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170.

Ega Rima Wati, S.Pd. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A.Jarot (ed.)). Kata Pena.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424-437.

Rachmawati, Alifia dan Erwin. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: Basicedu, Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022. P. 7637-7643

Samatowa Usman, Pembelajaran IPA di sekolah dasar, (Jakarta: Indeks, 2010).

Sartika, Yopi. 2013. Ragam Media Pembelajaran Adaptif untuk AnakBerkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Familia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Sadiman, Arif S dkk. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sulistyorini, S (2007) Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dan penerapannya Dalam KTSP. Semarang: Tiara Wacana.

Ulfaeni, S. (2018). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) untuk menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III Sdn Pedurungan Kidul 02 Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143.

Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”.

Zulirfan, Z., Rahmad, M., Yennita, Y., Kurnia, N., & Hadi, M.S. (2018). Science Process Skills and Attitudes toward Science of Lower Secondary Students of Merbau Island: A Preliminary Study on the Development of MartimeBased Concextual Science Learning Media. Journal of Educational Sciences, 2(2), 90.

Downloads

Published

2023-08-21

Most read articles by the same author(s)